FPUMB Desak Pemerintah Indonesia Bersikap atas Kekerasan terhadap Kaum Muslim di India

Joe
2 Mar 2020 19:54
1 menit membaca

SERANG (SBN) — Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Persatuan Umat Muslim Banten (FPUMB) menggelar aksi damai sebagai wujud solidaritas terhadap umat muslim di India yang saat ini sedang mengalami aksi kekerasan. Aksi damai tersebut digelar di depan Pendopo Bupati Serang, Kota Serang, Senin (2 Maret 2020).

Warisyadli, Juru Bicara FPMUB, mengatakan aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas terhadap umat muslim di India dan sebagai sikap menolak aksi kekerasan tersebut.

“Kami mengutuk keras tindakan radikalisme umat Hindu kepada umat muslim serta pembakaran masjid-masjid di India,” katanya.

Selain itu, tegasnya, mereka mendesak pemerintah India untuk menghentikan segala bentuk kejahatan, penindasan, dan pembantaian terhadap umat muslim di India.

“Kami mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah politik atas peristiwa tersebut dan menuntut Narendra Modi bertanggungjawab atas peristiwa berdarah ini,” katanya.

Selain itu, pihaknya menyerukan kepada umat muslim untuk melakukan protes besar-besaran di seluruh Indonesia serta berbondong-bondong mendatangi Kedutaan Besar India pada 6 maret 2020 dengan tuntutan mendesak agar pemerintah India mencabut UU kewarganegaraan India dan menangkap pelaku dan pimpinan kaum radikalisme  Hindu.

“Kami juga menyerukan kepada kaum muslim untuk melaksanakan qunut nazilah dan salat gaib di masjid-masjid, musala, pesantren, dan di mana pun berada sebagai bentuk kepedulian kepada penderitaan umat muslim di India,” katanya. (Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan