Dinkes Kabupaten Tangerang Bantah Jahe dan kunyit Bisa Tangkal Coronavirus

Ramzy
10 Mar 2020 16:10
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi membantah bahwa jahe dan kunyit bisa menangkal penyebaran Coronavirus. Alasannya, karena belum ada penelitian mengenai hal tersebut.

“Jahe dan kunyit ga bisa buat nangkal orang yang terpapar Coronavirus. Jenis tumbuhan tersebut bagus buat daya tahan tubuh aja,” jelasnya kepada SuaraBantenNews, Selasa, 10 Maret 2020.

Menurutnya, penangkal coronavirus hingga saat ini belum ditemukan. Saran untuk mengkonsumsi jahe dan kunyit untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebab, kata dia, menjaga daya tahan tubuh pada situasi saat ini memang sangat penting.

“Kita sarankan bagi penderita flu, demam agar pakai masker atau lebih baik dirumah aja. Di musim seperti ini flu yang biasa saja orang bisa tertular,” ungkapnya.

Kendati demikian, lanjut Hendra, pemeriksaan di sejumlah tempat-tempat besar seperti perusahaan, sekolahan, hingga tempat-tempat keramaian perlu dilakukan.

“Hal ini juga atas imbauan Kemenkes RI, agar ditempat orang berkumpul atau keramaian ada pemeriksaan,” ujarnya.

Selain itu, kata Hendra, pihaknya menimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan pola makan, serta memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.

“Kalau mau makan jangan lupa cuci tangan dan kalau jajan diluar perhatikan tempatnya kotor atau tidak,” pungkasnya.

Perlu diketahui, selama ini masyarakat meyakini khasiat jahe dan kunyit bisa menangkal Virus Corona (Covid 19).(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan