Dinkes Kabupaten Tangerang: Ruangan ICU Terpakai Sampai 70 Persen

2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menyatakan keterpakaian ruang Intensive Care Unit (ICU) pasien covid-19 di beberapa Rumah Sakit Umum (RSU) rujukan di daerah itu hingga kini mencapai 70 persen dari total kapasitas yang ada.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis mengatakan, untuk saat ini ruangan Intensive Care Unit (ICU) di RSU Kabupaten Tangerang sudah terisi sekitar 70 persen. Ada 121 fasilitas tempat tidur perawatan pasien covid-19 tersedia di tiga rumah sakit yang ditunjuk Pemkab Tangerang tersebut, saat ini sudah terisi sekitar 69 tempat tidur.

“Sekitar 69 tempat tidur saat ini sudah terisi di tiga RSU rujukan yaitu, RSU Kabupaten Tangerang, RSU Balaraja dan RS Siloam Kepala Dua,” ucapnya.

Achmad mengatakan, dari pertengahan bulan April 2021. Pihaknya selalu mendapat permintaan ruang ICU untuk pasien covid-19. Namun, meski begitu dengan kebutuhan ruangan tersebut dipastikan aman.

“Alhamdulillah, setelah ada penambahan ruangan untuk kebutuhan perawatan dipastikan aman. Meskipun, akhir-akhir ini kasus aktif covid-19 ada peningkatan, sedangkan untuk tempat tidur isolasi pasien covid-19, tersedia sekitar 998 tempat tidur dari seluruh RS rujukan yang ada di wilayahnya,” ucapnya.

Akan tetapi, pihaknya tidak memerinci secara detail keterpakaian tempat tidur ICU dan isolasi pasien covid-19.

“Untuk ke depan, kita sudah mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus pasca libur lebaran ini, dengan meningkatkan testing dan tracking untuk mengantisipasi penyebaran virus corona lebih luas lagi,” ujarnya.

Achmad mengimbau masyarakat agar meningkatkan kepeduliannya untuk menjaga kesehatan diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, tutupnya. (Irfan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan