Umumkan Empat Warga Positif Corona, Gubernur Banten Akui Salah Prosedur

Ramzy
13 Mar 2020 16:11
1 menit membaca

SERANG (SBN) – Gubernur Banten Wahidin Halim mengumumkan melalui unggahan akun media sosialnya bahwa ada 4 warga Banten yang positif terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes sekaligus Juru Bicara (Jubir) penanganan wabah virus corona, Achmad Yurianto menilai Gubernur Banten salah kaprah dalam pola komunikasi penanganan virus corona.

Menurutnya, kepala daerah tidak berhak mempublikasikan jumlah penderita virus corona.

BACA JUGA : Waduh! Sudah Empat Warga Banten Positif Corona

Sementara itu, Gubernur Banten saat ditemui di rumah dinasnya, di Kota Serang, mengakui kesalahan prosedural terkait pengumuman empat warganya positif virus Corona pandemi. Pengumuman itu menurutnya didorong atas dasar pertanyaan warga.

“Langkah yang saya merupakan amanah undang-undang sekaligus untuk mencegah kesimpangsiuran informasi di tengah derasnya arus informasi melalui media sosial,” jelasnya.

Informasi ada empat warga yang terjangkit corona juga datang dari sumber yang terpercaya. Hanya saja, ia mengakui bahwa tidak menyampaikan hal ini terlebih dahulu ke protokol resmi pemerintah.

“Mungkin yang dianggap kekeliruan, saya menyampaikan ke publik saya tidak menyampaikan terlebih dahulu ke protokol. Kita menghormati protokoler itu dan juga kekhawatiran berkaitan dengan dampak jadi pertimbangan kita,” tandasnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan