Kesempatan Raih Anugerah Adinegoro Terbuka Hingga 30 November

Joe
5 Nov 2020 09:25
3 menit membaca

JAKARTA (SBN) —  Meski di tengah pandemi virus corona, ajang Anugerah Adinegoro 2020 tetap digelar. Lomba ini terbuka bagi semua wartawan media cetak, televisi, radio, serta media siber yang bekerja secara aktif dan diakui, bukan wartawan lepas alias freelance. Tahap pendaftaran telah dibuka ada akan ditutup pada 30 November 2020.

“Anugerah Jurnalistik Adinegoro adalah penghargaan untuk karya jurnalistik paling bergengsi di tanah air. Wartawan Indonesia jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menyertakan karya-karyanya dan tampil di panggung kehormatan Hari Pers Nasional 2021,” kata Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari, Rabu (4/11/2020).

Karya jurnalisitik yang disertakan adalah karya yang dimuat/ditayangkan/disiarkan antara 1 Desember 2019 hingga 30  November 2020.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro dibagi dalam enam kategori, yakni reportase mendalam (indepth reporting) untuk media cetak (AA1), reportase mendalam untuk media siber (AA2), reportase mendalam untuk media televisi (AA3), reportase mendalam untuk media radio (AA4), foto berita untuk media cetak dan media siber (AA5), serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber (AA6).

Hanya ada satu pemenang pada tiap kategori yang akan mendapatkan hadiah Rp20 juta, trofi, serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2021. Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro juga akan mengumumkan dan memberikan piagam penghargaan kepada 30 karya terbaik.

Syarat Pengiriman Karya:

  1. Setiap wartawan dari satu media dapat mengirimkan maksimal lima karya per kategori (dengan catatan, satu media maksimal mengirimkan 15 karya dalam setiap kategori).
  2. Karya reportase mendalam pada media cetak, media siber, media televisi, dan media radio wajib disertakan tautannya melalui Google Form atau formulir pendaftaran yang bisa diakses melalui tautan https://bit.ly/2BQRuAj.
  3. Karya foto dan karikatur di media cetak atau media siber wajib dikirimkan dalam bentuk berkas lunak (soft file) beserta takarir (caption) yang diunggah melalui Google Form atau formulir pendaftaran yang bisa diakses melalui link di atas.
  4. Semua karya dalam seluruh kategori wajib disertai sinopsis (2-3 paragraf) mengenai isi dan proses pembuatannya. Khusus untuk karya televisi dan radio disebutkan pula clock program bersama sinopsis.
  5. Setiap peserta wajib mengisi formulir dengan menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan) dan surat pengantar dari redaksi.
  6. Khusus untuk televisi, karya minimal harus dalam format 720p (HD). Jika ukuran file lebih dari 100MB, wajib dikirimkan melalui layanan video streaming, seperti Youtube, vidio.com, atau melalui layanan cloud sharing, seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya. Cukup dituliskan/disertakan tautannya pada formulir daring yang sudah ditentukan. Pastikan tautan bisa diakses oleh panitia dan dewan juri.

Penjurian akan berlangsung pada Desember 2020 hingga Januari 2021.

Dewan juri dalam Lomba Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020 ini terdiri atas tokoh pers, pengamat, dan akademisi bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian.

Informasi tentang pendaftaran dapat ditanyakan kepada Pantap Anugerah Adinegoro 2020-2023 dengan kontak Katherina M. Saukoly (WA: 0812-8699-3551) dan Widya (WA: 0812-1490-3421 atau 021-3453131) atau melalui alamat surel [email protected].

Penyerahan Anugerah Jurnalistik Adinegoro akan diselenggarakan sebelum puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2021. (Hms/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan