Jelang PSBB, Desa Sodong Siapkan Satgas dan Ruang Karantina

Ramzy
17 Apr 2020 13:30
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona, PSBB akan diselenggarakan pada Sabtu, 18 April 2020. Pemerintah Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, membentuk tim satgas dan ruang karantina.

Selain Satgas yang melibatkan RT/RW, disiapkan juga relawan Covid-19 sebanyak 30 orang. Mereka nantinya akan membantu tugas di posko maupun di ruang karantina.

Kepala Desa (Kades) Sodong Doni Bambang mengatakan, satgas dan relawan Covid-19 yang dibentuk akan disiagakan di setiap titik yang menjadi pintu masuk ke wilayah Sodong guna memantau warga yang datang dari luar wilayah Tangerang.

“Selain itu, kami juga sudah siapkan tempat karantina. Sementara ini ada 3 lokasi di SD Sodong I, SD Sodong II, dan SKB,” ujar Doni kepada SuaraBantenNews, Jumat, 17 April 2020.

Doni menambahkan, setiap tamu dari luar daerah yang terdeteksi oleh tim satgas akan dilaporkan ke relawan desa yang di dalamnya terdapat tenaga paramedis. Kemudian, lanjut dia, dilakukan pemeriksaan kesehatan serta akan dikarantina terlebih dahulu selama 14 hari di tempat isolasi yang sudah disiapkan.

“Selain memantau hilir mudik warga dari luar daerah, tim satgas juga bertugas mengedukasi masyarakat Sodong tentang prilaku hidup bersih untuk membentengi diri dari wabah virus Corona,” tuturnya.

Tak hanya itu, kata Doni, masyarakat tidak mampu yang terdampak Covid-19 juga akan didata oleh tim satgas di masing-masing RT agar bisa mendapat bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang digelontorkan oleh Pemkab Tangerang.

“Dari total 35 RT dengan 9 RW dan 3 Kejaroan tidak semua warga Sodong bisa mendapatkan bantuan tersebut karena terbatasnya jumlah kuota yang diberikan oleh pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah Desa Sodong juga akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 juta dari dana desa, yang akan digunakan untuk membeli peralatan kesehatan pencegahan Covid-19 seperti masker, disinfektan, dan alat pengukur suhu untuk dibagikan kepada masyarakat Desa Sodong.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan