Hadapi Lebaran, BI Banten Siapkan Rp3 Triliun

Ramzy
3 Mei 2020 13:24
1 menit membaca

SERANG (SBN) – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPW) Banten menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil dalam menghadapi Lebaran. Adapun jumlah yang disiapkan mencapai Rp3 Triliun. Sementara tahun sebelumnya hanya Rp21.340 miliar. Kendati demikian, BI sendiri belum melakuan rinciannya terhadap jumlah tersebut.

“Untuk tahun ini ada penambahan uang yang akan kita berikan untuk Lebaran. Nilai ini lebih besar dari tahun lalu. Namun untuk rincian nominal uang pecahan sendiri, kami (BI) Banten masih menghitung berapa total rincian uang tersebut,” kata Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja, Minggu, 3 Mei 2020.

BI Banten pada tahun ini, lanjut Erwin, tidak melayani kantor kas keliling yang setiap tahunya digelar. Pihaknya hanya melayani perbankan yang ada di Banten.

“Saya juga mendorong setiap perbankan untuk menyediakan uang recehan guna memenuhi kebutuhan pada Lebaran tahun ini. Selain itu, guna menjaga ke-strerilan uang, pihak BI sendiri melakukan penyemprotan cairan desinfektan dan menahan uang tersebut selama 14 hari sebelum didistribusikan kepada penyedia layanan keuangan,” jelasnya.

Ia menghimbau masyarakat dapat menukarkan uangnya ke perbankan untuk menghindari peredaran uang palsu.

“Kita selalu antispasi adanya uang palsu yang beredar ini, maka itu kami menghimbau agar masyarakat bisa menukarkan uang tersebut langsung ke perbankan bukan ke tempat yang lain,” imbaunya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan