Total Anggaran HUT RI Ke-75 di Kabupaten Tangerang, Ini Kata Ketua Pelaksana

Ramzy
17 Agu 2020 11:25
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Ketua pelaksana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 tingkat Kabupaten Tangerang Jaenudin tidak mengetahui total anggaran yang dikucurkan melalui APBD Kabupaten Tangerang untuk kegiatan tersebut.

Jaenudin menuturkan, penganggaran dialokasikan dengan sumber dari beberapa OPD yang merupakan hasil rasionalisasi. Ia tidak mengetahui secara rinci berapa total anggaran tersebut. Untuk rinciannya, kata dia, terdapat di masing-masing OPD.

“Total secara keseluruhan mungkin di DPA belum ada,” ujarnya, Senin, 17 Agustus 2020.

Menurutnya, kegiatan peringatan HUT RI di tahun 2020 ini dirancang dengan cara sederhana. Sebab, kata dia, Pemkab Tangerang saat ini sedang mengencangkan pinggang untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Ada pengurangan anggaran sebesar 80 persen dari APBD yang telah direncanakan sebelumnya, namun ia pun tidak menyebut berapa nilainya.

“Jadi kita hanya menyerap anggaran di angka 20 persen dari anggaran yang direncanakan. Sisanya dialihkan untuk penanganan Covid-19,” pungkasnya.

Berdasarkan surat dari Menteri Sekretariat Negara menjelaskan bahwa mekanisme kegiatan peringatan HUT RI ke 75 di Kabupaten Tangerang berubah secara total. Melihat kondisi masih berlangsung Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, membuat anggaran digunakan pun tidak terlalu besar.

“Tapi tetap kita mengedepankan rasa nasionalis dan membuat kondisi dengan penuh makna, jadi minimalis sederhana. Karena ini agenda nasional, kita tetap semaksimal mungkin bahwa pelaksanaan penuh hikmat,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan