Cegah Stunting, Dinkes Kabupaten Tangerang Adakan Lomba Balita Sehat

Ramzy
20 Agu 2019 19:45
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Dalam rangka mencegah stunting pada anak usia dini (balita), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengadakan Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Tangerang yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Tangerang, Selasa (20/8/2019).

Dr. Manik, Kapala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menuturkan, lomba ini diikuti oleh peserta yang sudah dilombakan di tingkat Kecamatan.

“Ada dua kategori pada lomba ini, yaitu balita usia 6-23 bulan dan balita usia 2-5 tahun,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Lanjut dia, guna melihat sejauh mana pemahaman dari orang tua dalam memahami hak-hak yang harus diterima oleh setiap anak.

“Bertujuan agar setiap anak di Kabupaten Tangerang mendapat gizi yang baik. Ini juga upaya Pemerintah dalam menurunkan angka gizi buruk pada setiap anak,” jelasnya.

Berkaitan dengan masalah stunting, pihaknya menyebut bahwa masih ada di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang.

“Menurut riset kesehatan daerah tahun 2018 berada di angka 28,8 persen, kami harapkan di tahun nanti bisa turun,” pungkasnya.

Pihaknya juga mengatakan, salah satu penyebab stunting adalah kurangnya sanitasi air bersih dan juga keterbatasan MCK.

“Ini kan karena kurang air bersih di lingkungan rumahnya, dan tidak adanya jamban yah jadi anak-anak tidak sehat,” ujarnya.

Ia pun berharap lomba Balita Sehat ini menjadi contoh dan teladan untuk orang-orang supaya selalu berperilaku hidup bersih dan sehat di masing-masing lingkungan masyarakat.(res)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan