Care Free Day, GMDM Tangerang Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Ramzy
9 Sep 2019 08:37
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Penggiat Anti Narkoba, Garda Mencegah dan Mengobati (GMDM) Kabupaten Tangerang bersama Badan Narkotika Provinsi Banten (BNN-P), melakukan penyuluhan bahaya anti narkoba pada kegiatan Car Free Day (CFD) bertempat di Jalan Raya Serang Fly Over Balaraja, Minggu (8/9/2019).

Tampak hadir Kabid P2M perwakilan BNN Provinsi Banten Abdul Majid, Kapolsek Balaraja AKP Feby Hariyanto, Ketua BNN Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi, Camat Balaraja Yayat Rohiman, Danramil 05/Balaraja Kapten Arm Heri Subahijono, Pj.Kades Telagasari Nawawi, dan Lurah Balaraja Achmad Subagja.

Kepada Bidang P2M BNN Provinsi Banten Abdul Majid mengatakan, acara ini digelar sekaligus dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama dengan penggiat anti narkoba di Kabupaten Tangerang. Dalam rangka mendorong program Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Prekursor yang semakin marak.

“Hal ini sesuai Intruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional dan Peraturan Ketua Badan Narkotika Nasional No.16 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata kerja Badan Narkotika Nasional,” ungkapnya.

Abdul Majid menjelaskan, BNN memang telah memiliki perwakilan di 34 provinsi, tetapi pada tingkat Kabupaten/Kota belum semua dapat dijangkau. Oleh karena itu, kata Majid, kerja sama dengan masyarakat sangat dibutuhkan oleh BNN mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh institusi.

Adapun tiga poin penting yang menjadi ruang lingkup dalam kerja sama ini antara lain penyebarluasan informasi P4GN, pemberian informasi dugaan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat dan pendampingan terhadap pengguna yang bermasalah dengan hukum.

Sementara itu, Ketua Umum DPK Gerak Mencegah Daripada Mengobati (GMDM) Kabupaten Tangerang, Agus Karyanto menjelaskan, kini Indonesia berada dalam kondisi darurat untuk perang terhadap narkoba. Dengan adanya pernyataan sikap dan penanda tanganan kerjasama ini dapat menyukseskan program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba).

“Desa bersinar merupakan bagian tindak lanjut program kerja BNN Provinsi Banten 2019. Kami berharap masyarakat dapat mendukung,” tukasnya.

Memang saat ini DPK GMDM Kabupaten Tangerang masih harus terus bekerja keras dalam mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan segala jenis Narkotika dan fiskotropika. Oleh karena itu masyarakat dihimbau pelaksanaan Care free day, kali ini sebagai langkah bersama dalam memerangi narkoba.

Di tempat terpisah, Ketua GMDM Kecamatan Balaraja Erwin Subrata, meminta para pengurus GMDM untuk selalu Kreatif memberi gagasan-gagasan dalam pencegahan Narkoba, khususnya pada generasi muda saat ini.

“Kuncinya harus siap berkorban. Di sini kita itu Relawan Sosial, bergerak untuk memerangi peredaran Narkoba,” pungkas Erwin

Selaku penggagas dan penanggung jawab kegiatan, menekankan kegiatan ini jangan hanya berhenti pada pelantikan dan seremonial saja, namun harus ada keseriusan dan langkah kongkret dalam bergerak memerangi Narkoba.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan