Cegah Anak Kecanduan Gadget, Ini Imbauan Kadisdik Kabupaten Tangerang

Ramzy
4 Des 2019 17:54
2 menit membaca

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaefullah.(Foto : Dok. Suarabantennews)

TANGERANG (SBN) – Perkembangan teknologi informasi di era digital mempermudah masyarakat mendapatkan akses informasi. Namun, anak usia dini yang berlebih menggunakan gadget atau gawai berteknologi canggih cenderung menimbulkan dampak negatif pada perkembangan sang anak.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaefullah meminta agar guru dan orang tua lebih berperan mengawasi anak-anaknya saat bermain gadget. Menurutnya, pengunaan ponsel cerdas sangat mudah digunakan oleh anak-anak, bahkan bagi anak-anak yang belum sekolah.

“Terkadang kita melihat ada orang tua yang sengaja memberikan handphone kepada anak-anak sebagai hiburan untuk anaknya, padahal ini memberikan dampak negatif kepada mereka sendiri,” ujar saat ditemui SuaraBantenNews di kantornya, Rabu, 4 Desember 2019.

Untuk itu, dirinya menghimbau agar guru dan orang tua lebih mewaspadai keberadaan perangkat elektronik ini pada anak. Sebab, di era globalisasi anak-anak pun bisa mengakses berbagai konten di dunia maya melalui gadget mereka.

“Disinilah peran penting orang tua diperlukan, jangan sampai HP yang kita berikan memberikan dampak negatif kepada anak-anak kita, seperti pornografi atau permainan bermuatan kekerasan,”sebutnya.

Bahkan kini, tidak sedikit anak-anak yang ketagihan memakai smartphone ini, untuk bermain game hingga berlarut-larut, mangkanya ini perlu menjadi perhatian serius berbagai pihak terlebih para orang tua dan guru.

“Kan banyak tuh belakangan ini anak yang kencanduan main game di handphone. Jadi saya minta untuk pihak sekolah dan orang tua untuk lebih mewaspadi atau mengawasi anaknya,” ucapnya.(Ramzy)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan