Bupati Pandeglang: Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Penting untuk Keamanan Masyarakat

Ramzy
31 Des 2019 13:41
2 menit membaca

PANDEGLANG (SBN) — Apel kesiapsiagaan potensi bencana Selat Sunda digelar di halaman Kodim 0601 Pandeglang. Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana itu penting guna memberikan rasa aman kepada masyarakat. Demikian disampaikan Irna usai apel kesiapsiagaan potensi bencana Selat Sunda, Selasa (31/12/2019).

Irna mengatakan, bencana memang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. Oleh sebab itu, sangat penting dilakukan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi jika terjadi bencana.

“Jika bencana terjadi, kita bisa respons cepat, salah satunya segera melakukan evakuasi warga masyarakat sesuai standar operasional prosedur (SOP),” ujarnya.

Irna juga menyampaikan bahwa Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang berada di wilayah ring of fire (jaringan gunung berapi). Untuk itu, iya berharap masyarakat selalu waspada.

“Dengan kita siaga dan waspada, tentu akan cepat sadar jika bencana itu terjadi,” tandasnya.

Irna mengapresiasi para petugas penanggulanngan bencana yang tergabung dalam apel kesiapsiagaan itu. Walaupun dalam suasana libur, tambahnya, para petugas tetap bekerja sebagai garda terdepan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Komandan Kodim 0601 Pandeglang Letkol Inf Denny Juwon Pranata mengatakan, ada  tiga poin guna terwujudnya kesiapsiagaan. Pertama, harus dilakukan kesiapsiagaan dari seluruh unit kerja yang ada di Pandeglang. Kedua, kemampuan berkoordinasi lintas sektoral. Ketiga, memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Kita pahami dan ketahui apa fungsi dan tugasnya. Lakukan koordinasi yang baik sehingga pertolongan terhadap masyarakat dapat dilakukan secepat mungkin dan sistematis dan akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan di masyarakat,” tuturnya. (Hms/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan