banner 468x60 banner 468x60

Operasi Pasar Guna Stabilkan Harga Cabai, Kadisperindagkop Kota Serang: Peminatnya Sedikit

Joe
16 Mar 2021 18:21
2 menit membaca

SERANG (SBN) — DPRD Kota Serang meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Serang agar menstabilkan harga cabai rawit. Pasalnya sejak awal tahun lalu harganya meroket.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Serang Akhmad Zubaidilah mengeklaim pihaknya sebelumnya sudah menggelar operasi pasar di Pasar Rau, hanya saja peminatnya sedikit.

“Padahal itu harganya lebih di bawah harga pasar, yaitu cuma Rp95 ribu per kilonya,” ucapnya saat ditemui di Hotel Horison, Kota Serang, Selasa (16/3/2021).

Dia menjelaskan, memang cabai rawit yang mahal ini merupakan cabai yang kualitasnya paling bagus. Sementara sekarang ini, sambungnya, dari Sabang sampai Marauke, di Indonesia ini musim hujan.

“Kalau hujan gini kan banyak virus di tanaman cabainya sehingga sentra penghasil cabai kualitas tinggi ini kewalahan karena hasil panennya berkurang. Makanya distribusi di Kota Serang berkurang,” katanya.

 

Apalagi, jelasnya, di Kota Serang ini tidak ada penghasil cabai, termasuk di wilayah sekitar Kota Serang, seperti Lebak, Pandeglang, Cilegon, dan Tangerang.

“Jadi kita semuanya dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kita kemarin sudah ada niat baik dari pemerintab, hanya saja minat warga yang kurang. Kemarin hanya 30 persen,” katanya.

Dia menambahkan, nanti pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan Disperindagkop Provinsi. Sementara upaya jangka panjangnya, pihaknya akan berkoordunasi dengan sentra cabai tersebut agar mengutamakan distribusi di Kota Serang karena kebutuhannya besar. (Hendra)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan