Wartawan Kabupaten Tangerang Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Dua puluh wartawan di Kabupaten Tangerang disuntik vaksin covid-19 di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Sabtu (27/2/2021).

Vaksinisasi tahap pertama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus korona itu diikuti para pewarta anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang. Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menjadi salah seorang penerima vaksin.

“Alhamdulilah, hari ini kami sudah disuntik vaksin covid-19 dosis pertama. Sama seperti jenis vaksin lainnya, terasa biasa saja, tidak ada efek samping,” ungkapnya.

Proses vaksinisasi itu sendiri berlangsung empat tahap. Pertama, pandataan peserta. Pada tahap ini petugas memasukkan data peserta ke dalam sistem sehingga data penerima vaksin terekam dalam sistem yang terintegrasi di Kementerian Kesehatan. Data tersebut berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat, profesi, serta nomor ponsel.

Kedua, peserta memasuki tahap observasi. Pada tahap ini petugas memeriksa kondisi kesehatan peserta. Pemeriksaan dilakukan dengan memeriksa tekanan darah dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Selanjutnya, tahap ketiga adalah penyuntikan vaksin Sinovac. Setelah disuntik, peserta memasuki tahap keempat. Di sini, peserta diberikan pengarahan agar menyampaikan jika ada keluhan setelah disuntik. Selanjutnya, peserta diminta beristirahat selama 30 menit.

Setelah 30 menit, peserta kembali ke meja keempat untuk melaporkan waktu istirahat telah selesai. Petugas akan memberikan kartu vaksinisasi dan mengingatkan, jika ada keluhan tertentu sebelum vaksinisasi tahap dua, peserta dapat menghubungi nomor yang tertera pada kartu tersebut. Vaksinisasi tahap dua untuk peserta hari ini akan dilakukan pada 15 Maret 2021.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah memprioritaskan insan pers sebagai penerima vaksin ini. Sebagaimana diketahui, wartawan adalah profesi yang juga rawan terpapar virus korona dan merupakan salah satu garda terdepan penanggulangan persebaran covid-19,” tutup Sangki.

Selain itu, Sangki juga mengimbau wartawan di Kabupaten Tangerang yang belum mengikuti vaksinasi untuk segera berkomunikasi dengan pihak terkait agar dapat segera divaksinisasi. (Ris/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan