Mangrove Jadi Identitas Logo Branding Terbaru Kabupaten Tangerang

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Branding Kabupaten Tangerang Gemilang resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Mangrove menjadi identitas logo branding terbaru yang diluncurkan di Grand Ballroom The Springs Club Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Tangerang, Efi Indarti menuturkan wajah baru Kabupaten Tangerang tersebut merupakan upaya dalam membangun diferensiasi dan memperkuat identitas daerah agar mampu bersaing dengan daerah lainnya.

“Dengan adanya branding terbaru ini, diharapkan dapat memperkuat identitas dan ciri khas Kabupaten Tangerang serta mewujudkan Kabupaten Tangerang yang semakin gemilang,” pungkasnya.

Diketahui, dalam pembentukan branding ini, Pemkab Tangerang menggandeng LPPM Universitas Multimedai Nusantara (UMN) dan melibatkan perangkat daerah, organisasi masyarakat, pelaku usaha, komunitas seni, pemuda dan mahasiswa serta komponen masyarakat lainnya.

Manajer LPPM UMN, Winarno mengatakan, pembentukan branding ini dibantu oleh dosen dan beberapa mahasiswi yang berasal dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UMN dan memakan waktu kurang lebih 8 bulan. Dalam prosesnya, mangrove dipilih sebagai identitas logo branding terbaru Kabupaten Tangerang.

Salah satu mahasiswi DKV UMN yang juga ikut membantu pembentukan logo, Chindy mengungkapkan mangrove dinilai cocok untuk menjadi logo Kabupaten Tangerang karena melambangkan kekokohan, perbedaan dan kolaborasi.

“Kami memakai metafora mangrove karena mangrove ini berfungsi untuk menahan ombak yang pasang dan juga menjadi tempat hidup bagi biota laut. Nantinya, Kabupaten Tangerang ini juga akan menjadi Kabupaten yang kuat, di mana masyarakat dapat saling bekerja sama dan membangun hubungan yang harmonis,” katanya.

“Kami juga memberikan warna hijau pada logo yang memiliki arti harmonis dan kami menyisipkan warna ungu karena itu adalah warna identitas Kabupaten Tangerang,” ungkap Chindy.

Dia mengungkapkan waktu yang terbatas cukup menjadi kendala bagi ia dan teman-temannya dalam pembuatan logo, namun dirinya sangat bangga dapat berkontribusi dalam penyusunan branding ini.

“Pastinya, kami merasa sangat senang dan bangga dapat ikut membantu perancangan logo dari Kabupaten Tangerang dan ini juga menjadi sebuah tanggung jawab yang besar untuk kami,” ungkap Chindy.

Tak hanya logo, branding tersebut juga disertai pembentukan maskot, jingle serta sound logo sebagai bagian dari branding terbaru Kabupaten Tangerang.

Adapun gambar dari maskot Kabupaten Tangerang Gemilang ini adalah seekor ayam wareng yang diberi nama “Gilang” dan memiliki arti cahaya terang. Maskot “Gilang” ini nantinya akan memperkenalkan kebudayaan Kabupaten Tangerang ke daerah lain.

Setelah resmi dilaunching, seluruh jajaran Pemkab Tangerang diminta untuk mensosialisasikan dan menggunakan branding tersebut agar dapat disebarluaskan secara massif kepada masyarakat umum.(rls)

Wartawan

Related posts