banner 468x60 banner 468x60

Pegawai PERUMDAM TKR Melaksanakan Diklat SMK3 dan K3

Ramzy
5 Jul 2023 14:18
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang kembali mengadakan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diikuti oleh 68 peserta yang terdiri dari staf seksi umum, pelayanan pelanggan (yangan) dan teknik Cabang Gading serpong, Cabang Citra Raya dan Cabang Khusus. Program ini berlangsung 4  hari terhitung mulai dari 23 sampai dengan 26 Mei 2023 berlokasi di Aula Tirta Kerta Raharja Training Center (TKR TC) Kantor Pusat PERUMDAM TKR Kab. Tangerang.

Diklat yang diikuti oleh pegawai PERUMDAM TKR ini bertujuan agar peserta dapat memahami pentingnya K3 dan Sistem Majemen K3 (SMK3) yang diterapkan oleh perusahaan. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama PERUMDAM TKR, Sofyan Sapar terkait pentingnya materi K3.

“Kegiatan Diklat ini sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM pegawai PERUMDAM TKR, sehingga nantinya perusahaan bisa lebih maju dan berkembang, serta seluruh pegawai bisa lebih aware terhadap efisiensi pengembangan SDM dan melakukan penerapan regulasi K3 di tempat kerja,” ujar Sofyan.

Kegiatan Diklat dibagi meniadi 2 batch dengan masing-masing batch diikuti sebanyak 34 peserta. Pada Batch pertama diselenggarakan pada Hari Selasa hingga Rabu tanggal 23 sampai 24 Mei sedangkan pada Batch kedua diselenggarakan pada Hari Kamis hingga Jumat tanggal 25 sampai 26 Mei 2023.

Selain penyampaian materi di ruang kelas, peserta juga diberikan pengetahuan mengenai cara pemadaman api melalui simulasi yang dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan. Pada saat simulasi dilakukan simulasi pemadaman api yang dilakukan oleh pihak eksternal dengan teknolgi baru yaitu Evacuation Fire extinguisher (EVAC).

Simulasi EVAC juga dihadiri oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Tangerang, Ujat Sudrajat. Pada kesempatan tersebut, Kepala BPBD Kab. Tangerang tersebut ikut andil dalam mencoba simulai EVAC bersama dengan pegawai PERUMDAM TKR.

Selanjutnya, peserta mengikuti simulasi pemadaman api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) eksisting milik PERUMDAM TKR. Simulasi yang dilaksanakan tersebut dipandu oleh staf Sistem Manajemen dan Pengendalian Mutu (SMPM) PERUMDAM TKR.

Peserta Diklat diberikan kesempatan untuk dapat mencoba melakukan pemadaman api dengan cara EVAC maupun menggunakan APAR.

Dirut PERUMDAM TKR menambahkan bahwa, karyawan yang belum diklat untuk segera mengikuti diklat, termasuk operator. Sofyan juga menyampaikan, pegawai yang mengikuti diklat merupakan suatu reward atau penghargaan dari perusahaan.(SSP)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan