Bangunan SD Negeri di Sindang Jaya Tangerang Terbengkalai

Ramzy
12 Okt 2020 11:57
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Sekolah Dasar Negeri Sindang Asih I yang berlokasi di Desa Sindang Asih, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang nampak terbengkalai. Berdasarkan pantauan awak media, terlihat atap bangunan yang dulunya roboh hingga saat ini tak kunjung dibangun.

Penelusuran SuaraBantenNews, diketahui atap sekolah tersebut sudah sekitar tiga tahun tidak dibangun. Sebelumnya di tahun 2017 silam atap bangunan sekolah tersebut nampak miring dan dikhawatirkan roboh, maka di tahun yang sama dilakukan renovasi. Padahal dua sebelumnya sekitar tahun 2015 atap sekolah tersebut baru saja direnovasi.

“Ini atapnya baru mas. Direhab sekitar tahun 2017, memang ada sebagain atap yang tidak dibangun,” ujar warga setempat, Sopyan kepada SuaraBantenNews, Senin, 12 Oktober 2020.

Sofyan menambahkan, berdasarkan informasi dia dapatkan, bangunan yang tak beratap dan terkesan terbengkalai itu rencananya akan dibongkar. Kemudian, lanjut dia, rencananya akan diganti menjadi halaman.

“Katanya sih mau diblongin aja itu bangunannya, nanti diganti jadi halaman,” pungkasnya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, bangunan awal sekolah tersebut dibangun sekitar tahun 1882 dengan kualitas bangunan yang cukup kuat dan kokoh. Namun, kata dia, puluhan tahun berlalu kondisi bangunan mengalami penyusutan. Pada tahun 2015 bangunan sekolah tersebut direnovasi oleh pemerintah daerah setempat. Di saat itu, ia menilai proses renovasi yang dilakukan terkesan asal-asalan, sehingga kualitas bangunan tidak bertahan lama.

“Setelah dua tahun dibangun, atapnya miring dan mau roboh. Maka tahun 2017 atap SDN Sindang Asih I kembali direnovasi. Jadi dari tahun 2015 sudah dua kali ganti bangunan,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan, saat ini bangunan tersebut sudah tidak lagi berfungsi sebagai mestinya. Hal itu berlangsung sudah tiga tahun ke belakang sejak atapnya roboh. Di lokasi sekolah hanya terlihat tembok bangunan tak beratap. Karena tidak lagi berfungsi, maska warga yang melintas kerap muncul kesan sekolah tersebut nampak terbengkalai alias tidak terurus.

Terkait persoalan ini, Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Ruslan masih belum memberikan keterangan. Hingga saat ini, wartawan masih berusaha menghubungi.(Restu/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan