Seks Sesama Jenis Dominasi Penyebaran HIV di Kota Tangerang

Ramzy
17 Des 2019 12:24
1 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Lelaki seks dengan lelaki (LSL) mendominasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Tangerang. Data Dinas Kesehatan Kota Tangerang mencatat 79 kasus HIV karena LSL pada periode Januari-Oktober 2019.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Kota Tangerang Indri Bevi menjelaskan, 79 kasus tersebut jika persentasikan menjadi sekitar 51,8 persen dari keseluruhan kasus.

“Berdasarkan angka yang tercatat oleh Dinkes Kota Tangerang dari bulan Januari-Desember 2019 ada 117 kasus HIV dan 38 AIDS yang terjadi di Kota Tangerang,” ucapnya.

Beragam penyebab kasus HIV/AIDS, di antaranya LSL, lalu di posisi kedua diisi pasangan suami istri dengan risiko tinggi, disusul ibu rumah tangga dan pengguna jarum suntik.

“Sisanya lain-lain, tidak dibuka oleh pengidap,” kata dia.

Untuk rentan usia, di tahun 2019 pada periode yang sama masih didominasi dengan rentan usia produktif, dengan kelompok usia 25-49 tahun.

Untuk mengantisispasi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Tangerang sudah sering mengadakan sosialisasi di setiap Kecamatan guna mencegah penularan sejak dini.

“Kita lebih baik mencegah dibanding mengobati,” tutupnya.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan