UKM dan IKM di Kota Tangerang Sukses Mengurangi Pengangguran

Ramzy
20 Jan 2020 13:13
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Keberadaan usaha kecil menengah (UKM) memang turut andil dalam menggerakan perekonomian masyarakat. Produk-produk UKM yang ada sudah seharusnya dikelola dengan baik oleh para produsen agar produknya tidak hanya bersaing di pasar lokal saja, tetapi dapat juga bersaing di pasar nasional bahkan internasional. Untuk mewujudkan UKM yang memiliki daya saing, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Indagkop) secara berkala membina UKM yang ada di Kota Tangerang.

Selain itu, dengan adanya para pelaku usaha tersebut sangat berpotensi untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kota Tangerang.

“Pelaku usaha ini sangat besar manfaatnya untuk masyarakat Kota Tangerang, karena dari kegiatan usaha ini dapat menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang begitu besar,” ujar Kepala Dinas Industri dan perdagangan serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra, Senin, 20 Januari 2020.

UKM-UKM terus didorong oleh Dinas Indagkop untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Selanjutnya agar masyarakat mengetahui kualitas produk UKM Kota Tangerang, Dinas Indagkop sering mengadakan acara-acara yang menampilkan hasil produk UKM. Produk UKM Kota Tangerang sangat bervariatif, diantaranya terdapat produk pakaian, kerajinan tangan, makanan, dan sebagainya.

“Menurut catatan penyerapan tenaga kerja ini cukup efektif dengan mengembangkan IKM dan UKM ada sekitar 87 persen,” kata Teddy.

Ia juga menuturkan karena pelaku usaha ini sangat besar pengaruhnya untuk Kota Tangerang, pihaknya gencar melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap para pelaku usaha tersebut, agar para pelaku usaha tersebut mempunyai kreativitas dan fleksibilitas terhadap perkembangan teknologi yang ada diera revolusi industri 4.0.

“Tantangan kami Indagkop-UKM adalah bagaimana kami hadir untuk melakukan pembinaan agara ada transformasi, supaya teman-teman ini bisa memiliki pemahaman dan kemampuan dibidang teknologi dan informasi, karena sebagian besar pelaku usaha dagang UKM dan IKM saat ini sudah banyak yang melakukan penjualan secara Go online,” jelas Teddy.

Untuk diketahui ada 4.100 IKM dan 12.587 UKM serta 12.500 pedagang yang tersebar di 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan di Kota Tangerang, dan saat ini masih menjadi binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Indagkop).(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan