Potensi Konflik Tertinggi Se-Banten, Kota Cilegon Masuk Kategori Rawan Pemilu

Joe
2 Jul 2020 11:04
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Kota Cilegon yang kuat dalam bidang industri, perdagangan, dan jasa termasuk ke dalam wilayah dengan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tertinggi se-Banten pada pilkada serentak tahun 2020 ini. Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Kota Cilegon usai Rapat Koordinasi Penindakan Penanganan Pelanggaran di salah satu hotel di Cilegon, Rabu (1 Juli 2020).

“Di awal, untuk penyelenggaraan pilkada di Kota Cilegon tergolong dalam kategori sedang. Akan tetapi, berdasarkan pemutakhiran Indeks Kerawanan Pemilu yang diselenggarakan Badan Pengawasan Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) pada 23 Juni 2020, Cilegon memang dalam konteks pilkada kategori tinggi,” kata Siswandi, Ketua Bawaslu Kota Cilegon.

Faktor-Faktor yang Meningkatkan IKP Kota Cilegon

Siswandi menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya IKP Kota Cilegon, salah satunya adalah banyaknya calon perseorangan dengan perilaku kontestan yang berbeda-beda. Kemudian, lanjut Siswandi, karena kontestan dari partai juga cukup banyak dan berganti-ganti pasangan sehingga suhu politik meningkat. Faktor lainnya termasuk kehadiran petahana dalam kontestasi.

“Kemudian, ASN juga menjadikan salah satu faktor mengingat adanya petahana dalam kontestasi itu,” ujarnya.

Bawaslu Antisipasi Berbagai Kemungkinan

Meski demikian, Bawaslu Kota Cilegon akan mengantisipasi dalam pencegahan dengan berupaya menekan terjadinya konflik saat proses penyelenggaraan pilkada.

“Langkah kita adalah mensosialisasikan agar stakeholder terkait, utamanya peserta. Peserta tersebut harus mengantisipasi tradisi-tradisi yang dapat menimbulkan kekonflikan,” tuturnya.

Selain itu, Bawaslu juga meminta pemerintah mendukung dan menyerukan agar dapat mengatur bawahan atau anggota untuk menjaga indepensensinya selaku ASN.

Ada 4 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada secara serentak pada 9 Desember 2020, yaitu Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan