Pemprov Banten Siap Dukung Percepatan Geopark di Pandeglang

Ramzy
21 Jan 2020 09:46
2 menit membaca

PANDEGLANG (SBN) — Penetapan Geopark Ujung Kulon butuh dukungan administratif dari Provinsi Banten. Oleh karena itu, pihak Provinsi Banten siap mendukung percepatan penetapan Geopark Ujung Kulon di Pandeglang.

“Bupati menyampaikan bahwa untuk ditetapkannya Geopark Ujung Kulon butuh dukungan administratif dari Provinsi Banten. Untuk itu, kita berbagi tugas untuk mengerjakan sesuai kewenangan kami,” demikian disampaikan Sekda Banten Al-Muktabar saat rapat pengembangan Geopark Ujung Kulon di Pendopo Pandeglang, Senin (20/1/2020).

Sebagai wujud dukungan administratif, kata Al Muktabar, Pemprov akan mempersiapkan hal yang dibutuhkan guna suksesnya Geopark Ujung Kulon.

“Kita lihat sesuai segmentasi, mana yang sifatnya teknis, mana yang bisa dilakukan dalam kapasitas antarwilayah,” ujarnya.

Al-Muktabar juga mengatakan penetapan geopark adalah salah satu upaya menjaga kelestarian alam.

“Potensi yang dimiliki harus dilestarikan, seperti halnya di Pandeglang yang memiliki banyak sumber daya alam,” imbuhnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita membenarkan perlunya dukungan administratif dari Provinsi Banten untuk penetapan Geopark Ujung Kulon.

“Kita ada di wilayah Banten, tentu harus ada dukungan administratif dari pihak Provinsi,” ujarnya.

Irna juga yakin, jika Geopark Ujung Kolon ditetapkan, tentu akan mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pandeglang.

“Yang pasti, ini akan berdampak pada kemajuan daerah di Banten, khususnya Banten Selatan, sehingga wilayah ini bisa setara dengan Kabupaten lainya yang ada di Banten Utara. Jadi, wajar kalau kami ingin segera Geopark ini ditetapkan,” pungkasnya. (Rls/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan