PWI Cilegon Minta Wartawan Patuhi Peringatan Dewan Pers untuk Tak Jadi Timses

Joe
2 Nov 2020 10:18
1 menit membaca

CILEGON (SBN) — Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Cilegon Adi Adam mengingatkan seluruh wartawan Kota Cilegon, baik yang tergabung dalam PWI maupun tidak, untuk tetap menjaga fungsi kontrolnya sebagai jurnalis karena wartawan dan medianya bekerja untuk kepentingan publik. Dalam momen Pilkada 2020 ini, para wartawan diperingatkan untuk tidak menjadi anggota tim pemenangan calon mana pun.

“Dewan Pers menyampaikan wartawan harus mengundurkan diri jika ingin menjadi tim sukses salah satu calon tertentu,” kata Adi, Senin (2 November 2020)

Pada momen Pilkada ini, kata Adam, wartawan harus tetap melakukan fungsi kontrolnya. Meski terjadi kemitraan antara media dan calon tertentu, bukan berarti wartawan kemudian tidak mengontrol dan mengkritisi segala peristiwa yang terjadi pada mitranya jika memang ada nilai berita di dalamnya.

Adam juga menyampaikan, para wartawan dadakan yang bekerja hanya di musim pilkada dan hanya mendukung salah satu calon perlu menjadi perhatian bersama karena hal itu bisa membuat citra buruk bagi wartawan secara keseluruhan.

Selain itu, tambahnya, wartawan jangan mau ditunggangi oleh kepentingan siapa pun, apalagi kepentingan itu hanya untuk sekelompok atau golongan tertentu. Wartawan harus tetap netral dan berani menyajikan informasi yang baik dan benar demi kepentingan masyarakat. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan