Beredar Info 13 Negara Terjangkit Virus Corona, Namun Belum Ada Rilis dari WHO

Ramzy
27 Jan 2020 19:31
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Beredar informasi bahwa 13 negara sudah terjangkit Virus Corona, namun hal tersebut belum ada informasi resmi dari World Healt Organization (WHO). Sehingga sampai saat ini pemerintah pusat belum mengeluarkan travel warning (larangan perjalanan) menuju ke China.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengatakan, WHO belum mengeluarkan laporan resmi dan baru negara China saja yang terjangkit. Pemerintah Pusat juga belum mengeluarkan travel warning, karena hingga saat ini penyembaran virus di Indonesia belum ada satu orang pun yang positif terjangkit.

“Kami menyebut tersangka artinya seorang yang menderita demam panas, batuk pilek, sesak nafas dan memiliki riwayat bepergian dari China belum ada,” ujarnya Senin, 27 Januari 2020.

Walaupun belum ada travel warning, lanjut Hendra, untuk kesiapsiagaan di Puskesmas dan Rumah Sakit harus bisa mengisolasi pasien yang menderita ILI (Influenza Like Ilnes). Yaitu penyakit yang mirip influenza harus diwaspadai dan harus hati-hati. Apalagi pasien tersebut berasal dari China.

“Sebenarnya pengobatan khusus untuk virus ini belum ada, hanya baru ada pengobatan supportif yang dilakukan di rumah sakit,” jelasnya.

Adapun pengobatan supportif dilakukan, kata dia, jika pasien sesak maka diberi oxigan, jika pasien panas diberi obat penurun panas dan jika pasien kurang cairan diberi infus. Untuk dana pencegahan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah melalui APBD untuk penularan virus ini sudah ada diperuntukkan untuk sosialisasi dan pencegahannya.

“Dana tersebut tersebar di semua bidang, tidak bisa kami nominalnya secara pasti,” tuturnya.

Untuk rumah sakit, kata dia, belum dibutuhkan dana khusus, pihaknya cukup hanya memberikan edaran, supaya rumah sakit mengikuti prosedur untuk penanganan virus tersebut.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan