Efek Virus Corona, WNA Asal Tiongkok di Tangerang Tidak Bisa Pulang

Ramzy
12 Feb 2020 11:30
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok tidak bisa pulang. Ini terjadi lantaran adanya penutupan jalur penerbangan menuju China, akibat dampak dari wabah virus Corona.

Kondisi Itu juga terjadi di wilayah Tangerang Raya, yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. Sedikitnya ada 1.067 WNA Tiongkok yang tidak bisa kembali ke negaranya, dan harus lebih lama menetap di Tangerang.

Kepala Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Kota Tangerang, Felusia Sengky Ratna mengatakan, potensi overstay tersebut bisa terjadi lantaran akses pulang-pergi WNA Tiongkok dari jalur bandara masih ditutup.

“Tentu saja kalau untuk potensi mereka jadi overstay pasti,” kata dia saat ditemui di kantornya, Selasa, 11 Februari 2020.

Ia menjelaskan, Direktorat Jenderal Imigrasi saat ini sudah memberikan toleransi terhadap para WNA tersebut untuk melakukan perpanjangan masa izin tinggal darurat selama 30 hari.

“Kita juga terus melakukan pengawasan dengan memberi himbauan notifikasi kepada para WNA tersebut agar melakukan perpanjangan izin tinggal ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang,” ucapnya.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada 50 orang WNA China yang mengajukan perpanjangan izin tinggal darurat ke Imigrasi Non TPI Kelas I Kota Tangerang.

Dia juga mengimbau agar masyarakat Tangerang bisa memberikan informasi apabila ada WNA Tiongkok atau WNA dari negeri lain yang beraktivitas di lingkungan sekitar dan sudah cukup lama untuk segera melaporkan ke pihak Imigrasi.

“Kalau memang mengetahui keberadaan org asing itu, kami meminta kerjasama masyarakat membantu menginformasikan,” tandasnya.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan