Menghadapi Penyebaran Virus Corona, Arief Minta Masyarakat Tenang dan Laksanakan PHBS

Joe
3 Mar 2020 14:29
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah meminta masyarakat Kota Tangerang tetap tenang dan tidak panik menghadapi virus corona yang saat ini sudah menyebar ke Indonesia.

“Saya minta masyarakat hadapi dengan hati tenang dan kepala dingin karena Pemerintah Kota Tangerang akan terus melakukan kesiapsiagaan untuk mengambil langkah antisipasi dan langkah yang paling efektif dalam menangani virus ini,” ujarnya usai melakukan rapat kerja di Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Selasa (3/3/20).

Arief menegaskan bahwa ia bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tangerang hingga kecamatan dan kelurahan sudah siap mengantisipasi. Namun, tentunya perlu juga didukung seluruh masyarakat dengan  melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungannya masing-masing.

“Karena hanya itu solusinya. Kan sudah ada pernyataan dari Menteri Kesehatan dan pakar, harus sering mencuci tangan,” ucapnya.

Ia menjelaskan masyarakat tidak perlu menyetok bahan pokok ataupun mencari masker karena masker itu untuk yang sakit agar penyakitnya tidak menyebar.

“Menurut penelitian, kalau masyarakat tidak sakit memakai masker itu malah bisa terinindikasi karena nanti tangan mereka akan terus menyentuh muka,” jelasnya.

Arief menegaskan pihaknya akan sesegera mungkin melakukan sosialisasi, baik ke perusahaan, sekolah, maupun perguruan tinggi di Kota Tangerang serta berkoordinasi  dengan pihak Bandara Soekarno-Hatta.

“Mudah-mudahan, dengan langkah sosialisasi yang lebih komprehensif nantinya masyarakat  bisa sadar dan paham betul untuk menjaga PHBS,” katanya.

Ia mengatakan sudah meminta rumah sakit di Kota Tangerang agar menyiapkan jaring pengaman untuk pelayan kesehatan, baik perawat maupun dokter, karena beredar kabar banyak yang terjangkit karena terpapar saat melakukan pengobatan.

“Kita ingin penanganannya lebih serius dan antisipatif dan mudah-mudahan tidak menjadi wabah di Kota Tangerang,” tukasnya.

Dia pun mengimbau seluruh masyarakat agar ketika hendak melakukan kegiatan selalu membawa alkohol pembersih atau antiseptik lainnya untuk cuci tangan secara rutin.

“Mudah-mudahan, kalau itu dilakukan kita terus berdoa dan semoga Kota Tangerang tetap aman dan Negara Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa,” tandasnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan