Semangati Peserta Tes CPNS, Bupati: Yang Lulus Sekelas ASN Dunia

Joe
16 Feb 2020 11:07
2 menit membaca

PANDEGLANG (SBN) —  Formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibutuhkan di Kabupaten Pandeglang ada 54 posisi, sedangkan peserta yang lolos verifikasi dan ikut tes sebanyak 1.253 orang.

Kendati peserta yang ikut tes cukup banyak, Bupati Pandeglang Irna Narulita berpesan kepada para peserta agar jangan berkecil hati karena rezeki sudah diatur oleh Allah SWT.

“Keluarkan kemampuan terbaik Anda, isi dengan teliti, manfaatkan waktu dengan baik, dan jangan lupa berdoa,” kata Irna saat memantau pelaksanaan seleksi CPNS Kabupaten Pandeglang tahun 2020 di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN)1 Karangtanjung, Sabtu (15 Februari 2020).

Seleksi CPNS saat ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dapat dilihat langsung hasilnya. Irna menilai cara yang dibuat pemerintah pusat ini (BKN) karena ingin mencetak ASN berkelas dunia. Seleksi CPNS ini memang didampingi petugas dari BKN.

“Kami merasa terbantu dengan adanya sistem CAT. Dengan cara ini, peserta yang lulus lebih berkualitas, sekelas ASN dunia,” ujarnya.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKN Budi Haryono mengatakan, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan rangkaian seleksi CPNS.

“Yang lulus SKD ini akan di-ranking dan akan diambil 3 kali formasi untuk ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ujarnya.

Terkait kerahasiaan soal, ia menjamin sangat terjaga karena soal ini sudah dienkripsi oleh lembaga cyber nasional.

“Kami yakin tidak akan terjadi kebocoran soal karena terjaga kerahasiaannya,” imbuhnya.

Ada 18 perguruan tinggi yang membuat soal ini, di antaranya, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Tehnik Bandung (ITB).

Kepala BKD Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan tes CPNS di Kabupaten Pandeglang dilaksanakan pada 15-17 Februari 2020.

“Kami akan laksanakan selama tiga hari, Sabtu, Minggu, dan Senin. Setiap harinya ada 4 sesi, hanya minggu yang 5 sesi. setiap sesi 100 orang,” ungkap Fahmi.

Fahmi menambahkan, peserta yang ikut seleksi CPNS di Kabupaten Pandeglang kurang lebih sebnyak 1.253 peserta dari 1.427 pelamar.

“Ini yang dinyatakan lolos verifikasi data dan berhak ikut seleksi. Sedangkan yang tidak lolos kurang lebih 174 orang,” jelasnya. (Hms/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan