Mulai Hari Ini Sampai Dua Minggu ke depan, RSUD Kota Tangerang Dikhususkan untuk Pasien Covid-19

Joe
20 Apr 2020 10:38
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Mulai Senin (20 April 2020), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang akan difokuskan untuk menangani pasien terjangkit virus korona (Covid-19). Demikian dikatakan Kepala Humas RSUD Kota Tangerang Titin Supriatin saat dihubungi SuaraBantenNews, Senin (20 April 20).

Titin menuturkan, sementara ini RSUD Kota Tangerang tidak akan menerima pasein umum dan akan merujuknya ke Rumah Sakit lain. Pasien poli akan dikembalikan ke fasilitas kesehatan (faskes)  masing-masing pemegang BPJS. sedangkan pasien rawat inap akan dirujuk ke rumah sakit lain yang bekerjasama dengan BPJS.

“Untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSUD Kota Tangerang akan ditunggu hingga benar-benar sembuh dan dinyatakan boleh pulang oleh dokter,” kata Titin.

Pasien baru yang hendak dirawat di RSUD Kota Tangerang, lanjut Titin, sementara waktu akan disarankan agar dirawat di Rumah Sakit lain.

“Dua minggu ke depan, yang diterima di RSUD Kota Tangerang adalah pasien khusus korona (Covid-19),” terang Titin.

Titin berharap masyarakat Kota Tangerang dapat mengerti dan memahami pengalihan  prioritas pelayanan yang dilakukan RSUD Kota Tangerang karena mempertimbangkan kondisi dan keadaan persebahran wabah virus korona yang terus merebak.

“Kami minta masyarakat mengerti kondisi saat ini dan mari kita berdoa agar wabah covid-19 ini segera berakhir,” harapnya.

Titin mengungkapkan kebijakan ini diambil karena jumlah pasien Covid-19 di Kota Tangerang semakin bertambah. Mungkin setelah selesainya wabah korona RSUD Kota Tangerang baru bisa menerima pasien umum lagi.

Pengalihan  prioritas pelayanan RSUD Kota Tangerang menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Tangerang itu ditegaskan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah saat rapat terbatas perihal PSBB dengan Gubernur Banten Wahidin Halim pada Senin (13 April 2020). Arief juga mengaku telah menyiapkan dokter spesialis, sejumlah tempat tidur khusus untuk pasien korona (covid-19), serta alat bantu pernapasan (ventilator) di Rumah Sakit di Kota Tangerang.

“Ada 86 dokter spesialis paru dan anak yang sudah ada di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tangerang yang ditempatkan pada rumah sakit di wilayah Kota Tangerang,” kata Arief.

Arief menyatakan ada 160 tempat tidur di RSUD Kota Tangerang, 16 tempat tidur di Rumah Sakit An-Nisa, 44 tempat tidur di Rumah Sakit Mayapada, 26 tempat tidur di Rumah Sakit EMC, 26 tempat tidur di Rumah Sakit Awal Bros, 30 tempat tidur di Rumah Sakit Ar-Rahman, dan 160 tempat tidur di karantina yang berada di depan RSUD Kota Tangerang (di bekas Gedung Kesenian Kota Tangerang), serta 50 unit ventilator. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan