Hari Buruh Nasional, Dana Aksi Beralih jadi Dana Sosial

Ramzy
1 Mei 2020 18:59
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Nampak berbeda kegiatan yang dilakukan para buruh dalam memperingati hari buruh nasional. Di tahun sebelumnya mereka melakukan aksi unjuk rasa di berbagai wilayah, namun di tahun ini mereka mengalihkan dana aksi untuk kegiatan sosial.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi gerakan para buruh. Sebab, kata dia, ini kali pertamanya, perhelatan hari buruh dirayakan dengan kegiatan sosial dan tidak ada kegiatan demostrasi.

“Ini merupakan rasa empati kami, kepada seluruh masyarakat indonesia yang sedang menghadapi Covid-19,” ujarnya saat menyerahkan APD lengkap di RSUD Kabupaten Tangerang, Jumat, 1 April 2020.

Ia mengungkapkan, terdapat ribuan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap untuk tim medis dan hand sanitizer serta masker untuk masyarakat. Pembagian ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada peringatan hari buruh nasional ini.

“Hal ini membuktikan bahwa buruh bukan hanya bisa demonstrasi, tetapi juga melakukan bakti sosial,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga dilakukan atas dasar adanya penarikan berkas Omnibus Law. Sehingga, kata dia, dengan ini pembahasan Omnibus Law yang sebelumnya hampir sempat disepakati dan akhirnya ditunda.

“Sehingga kita alokasikan dana yang awalnya untuk aksi, kita alihkan untuk membeli APD untuk mempercepat penanganan Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Seksi Penunjang Medik RSUD Balaraja, Ahmad Suryadi mengatakan, bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat bagi tenaga medis. Jika memang dibilang kurang, tentu akan selalu merasa kurang sejalan aktivitas tenaga medis yang sedang berlangsung.

“Dengan adanya bantuan APD dari rekan-rekan SPSI ini sangat membantu kami dalam melayani pasien,” pungkasnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan