Ekskavator Kiriman LMP Masih Bekerja, Lukman: ke Depan, Reboisasi Mesti Digalakkan

Joe
12 Mei 2020 11:17
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Ekskavator yang dikirim ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang Kota Cilegon ke Kelurahan Gerem untuk memindahkan material longsor masih terus beroperasi. Akses jalan yang begitu sempit dan padat rumah penduduk menyulitkan ekskavator untuk bekerja dengan leluasa.

Sejak dikirimkannya eksavator itu dan diterima langsung oleh Lurah Gerem, alat tersebut langsung ditempatkan di lokasi terparah untuk melakukan evakuasi material longsor. Namun, sudah satu minggu ini, ekskavator tersebut masih berjibaku memindahkan material longsoran tanah dan material lainnya.

Ketua LMP Markas Cabang Grogol Lukman mengatakan, ekskavator yang dikirimkan ke Kelurahan Gerem masih terus bekerja hingga saat ini dan mungkin masih akan terus bekerja hingga beberapa hari ke depan mengingat kondisi dan situasi yang tidak mudah.

“Pertama, lokasi pengambilan material tanah longsong ini sangat sempit sehingga alat berat tidak bisa bergerak leluasa, di tambah lokasinya padat rumah penduduk. Jadi, kemungkinan masih memerlukan waktu beberapa hari lagi untuk selesai,” kata Lukman, Selasa (12 April 2020).

Meski demikian, lanjut Lukman, adanya musibah banjir tersebut dapat dijadikan bahan introspeksi bagi semua pihak untuk bersama-sama menjaga daerah saluran air dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Untuk saluran air yang sudah ada harusnya diperlebar lagi sehingga bisa menampung volume air yang lebih banyak serta dilakukan pengerukan dan normalisasi sungai dari hulu sampai ke hilir. Kemudian kita galakkan kegiatan reboisasi di daerah atau gunung yg gundul dan tandus sehingga musibah tanah longsor setidaknya bisa diminimalisir,” tutup Lukman.

Ketua LMP Markas Cabang Cilegon Tatang Tarmizi menyampaikan, pengabdian dan solidaritas yang tengah dilakukan ini merupakan sikap LMP yang murni untuk pengabdian.

“Bakti kami ini murni membantu masyarakat, khususnya karena akses transportasi yang biasa dilewati tertutup material longsong. Tidak ada afiliasi dengan partai mana pun, apalagi dalam kegiatan ini membawa nama salah satu bakal calon wali kota. Itu jauh dari jiwa LMP,” tutupnya. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan