Masjid Ats Tsauroh Serang Gelar Salat Jumat Perdana Setelah PSBB

Ramzy
12 Jun 2020 15:19
2 menit membaca

KOTA SERANG (SBN) — Masjid Ats Tsauroh, Kota Serang kembali menggelar Salat Jumat pada Jumat, 12 Juni 2020. Pelaksanaan Salat Jumat ini menjadi yang pertama kalinya setelah ditutup selama masa pembataan sosial berskala besar (PSBB).

“Terhitung dari 24 April 2020, masjid agung ini berdasarkan himbauan MUI, Polres, kemudian Pemkot Serang dan rembukan para pengurus masjid meniadakan sementara pelaksanaan Salat Jumat. Dan hari ini kami membuka kembali,” kata Humas Masjid Ats Tsauroh Serang, Kyai H Romi Khaeroni saat ditemui usai Salat Jumat.

Pihaknya membuka kembali karena pemerintah pusat memberikan prosedur terkait Salat Jumat, dan akhirnya pihaknya berkonsultasi dengan MUI, Polres dan Pemkot Serang untuk melaksanakan Salat Jumat.

“Ini sesuai statement Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla, ia mengatakan sebelum publik dibuka agar masjid dulu yang dibuka sehingga pada berdoa agar pandemi ini cepet selesai,” ucapnya.

Ia menambahkan, kapasitas masjid dalam kondisi normal sekitar 4 ribu. Tetapi dengan adanya protokol kesehatan maka pihaknya membuat jarak saf saat salat.

“Untuk petugas protokol kesehatan di masjid ini ada 15 orang, dengan difasilitasi 4 wastafel portable, 4 titik handsanitizer, dan 3 termogen. Selain itu jemaah diwajibkan memakai masker,” ujarnya.

Sementara itu, Tatang, jemaah asal Kasemen mengaku antusias karena masjid tersebut dibuka kembali. Ia mengungkapan pihak masjid juga menyiapkan fasilitas protokol kesehatan.

“Pihak masjid juga semuanya bekerja dengan baik, tadi siapapun yang masuk mereka diperiksa terlebih dahulu suhu dan wajib pakai masker,” ungkapnya.

Namun, ia menilai jumlah petugas yang mengecek suhu dinilai masih terbatas sehingga menyebabkan antrean panjang.

“Tadi yang mengecek suhu 1 pintu cuma 1 sehingga antrian jemaah cukup panjang,” tandasnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan