Edukasi Tertib Berlalu Lintas dan Protokol Kesehatan, Satlantas Polresta Tangerang Turunkan Tokoh Punakawan

Joe
27 Jul 2020 20:14
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Satuan Lalu Lintas Polresta Tangerang Polda Banten mengedukasi masyarakat untuk tertib berlalu lintas melalui cara yang unik. Senin (27/7/2020), beberapa personel Satlantas Polresta Tangerang berdandan khusus layaknya tokoh punakawan. Kegiatan itu merupakan bagian dari Operasi Patuh Kalimaya 2020.

“Dengan mengangkat tokoh punakawan, kami berharap edukasi dapat tersampaikan sekaligus memperkenalkan budaya asli Nusantara,” kata Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol I Ketut Widiarta.

Ketut menerangkan, empat tokoh punakawan, yakni Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong sengaja dipilih karena mereka adalah tokoh pewayangan yang selalu mendapat tempat di hati pencinta wayang. Selain itu, punakawan juga berasal dari kata pana yang berarti ‘paham’, dan kawan yang berarti ‘teman’.

“Jadi, kami memberi pemahaman atau edukasi dengan mengedepankan sikap persahabatan,” ujarnya.

Ketut menambahkan, edukasi yang disampaikan tidak hanya seputar tertib lalu lintas, melainkan juga imbauan agar masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. Operasi Patuh Kalimaya juga berfokus pada pendisiplinan masyarakat dalam kepatuhan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Saat ada pengendara yang tidak memakai masker, kami beri masker. Kami imbau agar melaksanakan protokol kesehatan dan tertib lalu lintas,” katanya.

Selain edukasi, pada saat yang sama, kegiatan Operasi Patuh Kalimaya juga dilaksanakan oleh petugas berpakaian dinas. Beberapa pengendara yang kedapatan melanggar, seperti tidak menggunakan helm, petugas memberikan sanksi tilang.

Ketut berharap, edukasi dengan mengangkat tokoh atau karakter khas Nusantara dapat mengena di hati masyarakat sehingga saat berkendara, masyarakat tidak lagi melawan arus, menerabas lampu merah, dan selalu menggunakan helm. Selain itu, diharapkan masyarakat juga tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan penuh kesadaran.

“Semoga selanjutnya masyarakat tertib berlalu lintas dan sadar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya. (Hms/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan