Menengok Tempat Wisata Religi Kesultanan Banten

Ramzy
16 Jun 2019 23:35
2 menit membaca

Wisata religi Kesultanan Banten masih mempunyai daya tarik bagi wisatawan yang ingin berziarah.

SERANG (SBN) – Selain Cirebon, Banten adalah salah satu pusat penyebaran Islam di Pulau Jawa bagian Barat. Tak heran, jika saat ini masih banyak ditemui peninggalan Kerajaan Islam Banten, yang sekarang dikenal dengan Banten Lama. 

Setidaknya, ada tiga tempat di Banten Lama yang masih banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati wisata religi sekaligus mengetahui perkembangan Islam di tanah Banten.  Yakni, Masjid Agung Banten, Situs Kepurbakalaan Banten Lama, dan Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten.

Nah kali ini, suarabantennews akan mengulas tentang Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten yang masih mempunyai daya tarik bagi para wisatawan yang ingin berziarah.

Komplek pemakaman Kesultanan Banten terdapat di sisi Utara Masjid Agung Banten. Di dalam komplek ini terdapat sembilan makam sultan dan keluarganya, antara lain makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, pengeran Ratu, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar, Sultan Maulana Muhammad dan Sultan Zainul Abidin.

Di komplek ini, ada dua makam yang banyak dikunjungi penziarah, yaitu makam Sultan Maulana Hasanudin dan Sultan Abulmufakhir.

Neng Amelia Putri salah satu petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengatakan, saking banyaknya peziarah, dirinya terus mengingatkan agar menjaga barang-barang berharga mengingat personel yang ada tidak cukup untuk memantau keluar masuknya ribuan peziarah yang datang dari berbagai daerah.

“Himbauan terus kita lakukan, utamanya menjaga anak-anak di bawah umur, barang-barang berharga karena personel kita juga terbatas,” ucap Neng.

Sementara itu, As’ad salah seorang peziarah dari Serang, Banten mengaku tujuan datang untuk berziarah ingin mendoakan para kesultanan yang ada di Banten, dan katanya berdoa di tempat makam kesultanan hajatnya akan terkabul.

“Saya ingin ziarah mas, dari pada main ke pantai mending kesini, bisa ibadah sambil main bareng keluarga,” tuturnya.

Bagi anda yang penasaran dan ingin cepat ke sana, untuk yang dari arah Jakarta atau sekitarnya, anda bisa melalui tol Jakarta-Merak, lalu ke luar di tol Serang Timur. Atau bagi anda yang menggunakan kendaraan umum anda berhenti di Terminal Pakupatan Serang. Selanjutnya langsung menuju Banten Lama. Jaraknya Tidak begitu jauh, cuma 30 menit dari Terminal Pakupatan Serang.(wan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan