Perilaku Seks Menyimpang Meningkat, Ini Langkah Dinkes Cilegon

Ramzy
3 Jul 2019 17:16
2 menit membaca

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menggelar sosialisasi penanggulangan HIV/Aids.

CILEGON (SBN) – Tidak banyak orang tahu bagaimana cara mencegah HIV/Aids. Minimnya pengetahuan tentu akan berdampak pada meningkatnya jumlah terjangkit HIV/Aids. Karena itulah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menggelar sosialisasi penanggulangan HIV/Aids di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (3/7/2019).

Pemerintah Kota Cilegon akan terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk memahami pentingnya melakukan tes HIV dan pengobatan ARV bagi ODHA secara dini.

Dari upaya itulah diharapkan dapat menormalisasi isu HIV/ AIDS dan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat yang lebih positif sehingga dapat menurunkan stigma dan diskriminasi. terlebih di Cilegon perilaku seks menyimpang mengalami peningkatan.

Sri Rezeki Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengatakan, tren yang paling banyak dijumpai positif pada kasus Laki-laki Seks Laki-laki (LSL) atau homo seksual, berdasarkan data dari 3 tahun terakhir 2016 terdapat 77 kasus, 2017 ada 76 kasus dan 2018 ada 79 kasus, sedangkan 2019 sampai bulan Mei terdapat 67 Kasus. Dari jumlah yang ditemukan tersebut, mereka positif mengidap penyakit menular.

“Kecenderungannya yang makin meningkat itu LSL, jadi dari 79 kasus pada tahun 2018, ada 45 kasus LSL yang positif,” ujarnya.

Oleh karena itu upaya Dinas Kesehatan Kota Cilegon untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan HIV AIDS tersebut, dengan menggelar sosialisasi yang dihadiri dari 43 perwakilan karang taruna se-Kota Cilegon.(wan/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan