Cahaya Ilmu Mekar Baru Wakili Banten pada Lomba Perpustakaan Nasional

Ramzy
6 Agu 2019 20:13
1 menit membaca

TANGERANG (SBN)—, Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang menjadi perwakilan Provinsi Banten dalam lomba Perpustakaan Tingkat Nasional. Kegiatan itu diselenggarakan Perpustakaan Nasional pada 14-16 Agustus 2019.

“Kita masuk 6 besar bersaing dengan Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Gorontalo,” kata Ketua Perpustakaan Cahaya Ilmu Aang Junaedi di gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang, Selasa (6/8/19).

Aang menerangkan, Perpustakaan Cahaya Ilmu sudah berdiri sejak tahun 2012. Hingga saat ini, kata dia, perpustakaan yang berada di ujung wilayah Pantura itu sudah memiliki koleksi buku sebanyak 4750 eksamplar didominasi buku-buku novel dan ilmu terapan.

“65 persen pembaca kita dewasa, sekitar 35 persen pembaca anak-anak,” katanya.

Selain menyediakan buku bacaan, lanjut Aang, Perpustakaan Cahaya Ilmu juga membuka kegiatan-kegiatan lain seperti pelatihan fotografi, penyuntingan foto, dan video, serta pelatihan keterampilan sablon.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid mengapresiasi capaian Perpustakaan Cahaya Ilmu. Ia juga mengaku bangga perpustakaan yang berada di wilayah Kabupen Tangerang menjadi satu-satunya perwakilan dari Banten dalam lomba perpustakaan di tingkat nasional.

“Ternyata ada komunitas pemuda di daerah itu tanpa pamrih mendirikan tempat untuk dijadikan perpustakaan dan berhasil mewakili Banten di tingkat nasional,” ujarnya. (restu/rls/don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan