Dinsos Kabupaten Serang Sudah Tangani 53.427 PMKS

Ramzy
7 Agu 2019 16:08
2 menit membaca

SERANG (SBN) – Dalam upaya pemberdayaan masyarakat di wilayah Kabupaten Serang, Dinas Sosial Kabupaten Serang terus gencar sosialisasikan program pemerintah baik pusat dan daerah menyalurkan bantuan berupa Program Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kepala Dinsos Kabupaten Serang Saefudin mengatakan tahun 2019, penanganan PMKS akan lebih dioptimalkan. Nantinya pada program tersebut, ada 26 kategori bagi kelompok masyarakat yang menerima manfaat dari program pemerintah.

“Di Kabupaten Serang ada sejumlah keluarga fakir miskin sekitar 69.312 kepala keluarga, beberapa kepala keluarga yang perlu dibantu pemerintah,” kata, Selasa (6/8/2019).

Kata Saefudin, sementara ini yang sudah ditangani di Kabupaten Serang adalah orang terlantar, pengamen, pengemis dan gelandangan. Ada juga anak jalanan, anak terlantar.

“Baru terbantu dikisaran 53.427 kepala keluarga. Dari angka itu, ada juga kaitannya terhadap kaum perempuan rawan sosial, yang ini juga perlu dibantu,” tuturnya.

Dalam program bantuan Dinsos itu juga ada kategori orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), tetapi mereka juga sudah sembuh kalau masih sakit tugasnya dinas kesehatan.

“Ini untuk menghindari sebuah kebingunan petugas dalam pembinaannya bagi masyarakat penerima manfaat dari program pemerintah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, UU No 11 tahun 2009 kemiskinan tanggung jawab bersama, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat. Saefudin berharap, dapatmengetuk hati masyarakat agar dapat menerima mereka, dan membantu mereka di tengah kehidupannya.

“Semua pihak dan lembaga turut membantu mereka, agar ada perubahan yang lebih baik dan bahu membahu memberikan motivasi bagi kebaikan hidup mereka, di tengah kehidupan yang bermasyarakat,” pungkasnya.(hen/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan