Dampak Virus Corona, Pengajuan Pembuatan Paspor di Serang Menurun

Ramzy
17 Mar 2020 15:15
1 menit membaca

SERANG (SBN) – Menyebarnya wabah virus Corona atau COVID-19 juga berdampak pada pembuatan paspor. Di Kantor Imigrasi Serang, permohonan pembuatan paspor mengalami penurunan setelah merebaknya penyebaran wabah virus dari Wuhan tersebut.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikim) Kelas I Non-TPI Serang, Yusup mengatakan biasanya setiap hari pelayanan untuk permohonan paspor di Kantor Imigrasi Serang ada sekitar 70 per hari. Namun sejak munculnya kasus COVID-19, permohonan pembuatan paspor pun menurun sekitar 50 persen.

“Biasanya sehari paspor habis 70 di kantor imigrasi ini. Sejak isu corona ini menurun hanya 30. Bahkan bisa jadi menurun terus,” ucapnya, Selasa, 17 Maret 2020.

Menurutnya, penurunan tersebut lantaran banyaknya masyarakat yang menunda pemberangkatan pergi keluar negeri. Terlebih setelah masifnya wabah virus Corona di Indonesia, termasuk Banten.

“Mungkin karena pada takut. Di Serang kebanyakan yang menunda umroh, karena kan sekarang umroh sudah ditutup dari pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada izin tinggal darurat selama 30 hari untuk orang asing terkhusus Cina. Pemberian izin ini lantaran tidak ada penerbangan pesawat dari Indonesia ke Cina sehingga mereka tidak bisa pulang ke negaranya.

“Kalau yang mengajukan izin darurat sudah ada 155 orang, yang sudah diberikan izin 151 orang. Jadi yang 4 sedang diproses,” tandasnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan