Cegah Kebocoran Pajak, Bapenda Tangerang Pasang Alat Penyadap Transaksi

Ramzy
20 Agu 2019 22:48
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Demi memberi kenyamanan terhadap wajib bajak, khususnya di sektor hotel dan restoran, Pemkab Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan pasang alat penyadap transaksi atau tapping server.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pemasangan alat penyadap transaksi atau Tapping Server ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya kebocoran pendapatan baik yang dilakukan oleh pelaku usaha ataupun oknum pegawainya.

“Semua dilakukan secara online sehingga tidak ada transaksi uang cash dalam pembayaran pajak hotel dan restoran ini, jika masih ada oknum pegawai yang bermain-main dalam ranah pajak hotel restoran maka laporkan,” tegas Zaki usai menghadiri pembukaan sosialisasi di Aula Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (20/8/2019).

Zaki mengakui kalau pajak hotel dan restoran masih menjadi idola Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Setelah pajak bumi dan bangunan, pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah, dan Bangunan atau BPHTB.

Sehingga, lanjut Zaki, jika potensi pajak restoran dan hotel dimaksimalkan akan sangat membantu pembangunan Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Kepala Bapenda Soma Atmaja mengatakan, sebagai tahap awal Tapping Server akan terpasang di 120 tenan hotel dan restoran di Kecamatan Kelapa Dua dan ke depan seluruh wajib pajak akan dipasangi Tapping Server ini.

“Kita pasang alat langsung melalui servernya, sehingga bisa mengetahui berapa penghasilan wajib pajak tiap bulannya dan berapa pajak yang harus dibayarkan ke kas daerah,” papar mantan Kadisporbudpar ini.

Soma menjelaskan, pemasangan Tapping Server bukan sebagai pungutan yang dilakukan pemerintah daerah kepada pelaku usaha, namun lebih pada upaya pemerintah mengambil hak.

“Pajak hotel restoran ini milik pemerintah daerah yang dititipkan oleh para konsumen kepada pelaku usaha yang juga wajib pajak, karena uang yang masuk semuanya di bayarkan oleh konsumen dan dikelola oleh pemerintah daerah,” tandasnya.(zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan