Ribuan Hektare Lahan Dilanda Kekeringan, DPKP Kabupaten Tangerang Siapkan 6 Ton Benih Padi

Ramzy
22 Agu 2019 22:34
1 menit membaca

TANGERANG (SBN)-, Akibat kemarau panjang, lahan pertanian seluas 1560 hektare pada 26 kecamatan di Kabupaten Tangerang dilanda kekeringan.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang pun mengambil langkah dengan menyediakan 6 ton benih padi untuk petani di musim penghujan.

Pembagian benih padi itu dipersiapkan guna kelangsungan kegiatan pertanian di musim penghujan. Karena sekitar 6,2 persen dari total luas pertanaman padi sawah di Kabupaten Tangerang terdampak terdampak kekeringan.

“Hal ini menyebabkan petani kesulitan dalam mencari benih,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura DPKP Kabupaten Tangerang Bambang Purnama, Kamis, (22/8/19).

Ia menuturkan, berdasarkan data terbaru pada 16 Agustus 2019, dari 26 kecamatan terdapat 1560 hektare sawah yang terdampak yakni dengan rincian 660 hektare kekeringan ringan, 411 hektare kekeringan sedang, 288 hektare kekeringan berat, dan 201 sawah mengalami puso (gagal panen).

“Sementara itu ada tiga kecamatan yang lahan pertaniannya tidak terdampak kekeringan yaitu Pasar Kemis, Sukadiri dan Kelapa Dua,” ujarnya

Dalam menanggapi hal ini, kata dia, DPKP Kabupaten Tangerang sudah mendistribusikan pompa air sebanyak 43 unit. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir wilayah yang dampak kekeringan.

‘Pompanisasi dilakukan seperti menyisir kantong-kantong air dan perbaikan saluran gotong royong bersama kelompok tani,” ujar Bambang. (Restu/Don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan