Jelang Pilkades Serentak di Kabupaten Serang, Baru Lima Bakal Calon yang Mendaftar

Ramzy
12 Sep 2019 09:52
2 menit membaca

Suhaeri, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang.

SERANG (SBN) – Sebanyak 150 desa di Kabupaten Serang siap mengikuti pemilihan kepala desa (pilkades) yang akan diselenggarakan November 2019. 

Sebelum pilkades digelar akan ada beberapa tahapan. Diantaranya tahapan persiapan, pencalonan, pemilihan dan penetapan.

Suhaeri, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, mengatakan pendaftaran bakal calon kepala desa akan dibuka pada tanggal 10 sampai 16 September 2019.

“Saat ini masuk tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa, yang dibuka dari tanggal 10 sampai 16 september, pada pukul 08.00 sampai 16.00 hari kerja. Sedangkan bakal calon melengkapi berkas persyaratan sampai tanggal 23 september,” ucapnya.

Ia menambahkan saat ini yang sudah mendaftar baru ada 5 bakal calon, dan untuk bakal calon kepala desa yang berdomisli di luar Kabupaten Serang tetap bisa mendaftar.

“Adapun pilkades serentak gelombang pertama pada tahun 2015 sebanyak 118, gelombang ke dua tahun 2017 sebanyak 33, dan gelombang ke tiga pada tahun 2019 sebanyak 150 desa. Maka total keseluruhan 301 dari 326 desa yang ada di Kabupaten serang. Sisanya yang gak ikut pilkades karena sisa jabatan kepala desa habisnya di 2020,” jelasnya.

Suhaeri menuturkan apabila ada desa yang tidak mencalonkan, maka akan ada perpanjangan waktu.

“Kalau tidak ada yang mencalonkan, diperpanjang 20 hari, maka pemilihan desa ditunda dan diundur oleh tahun berikutnya 2021, seleksi tertulis panitia kabupaten diperiksa dan diumumkan,” tungkasnya

Suhaeri mengatakan pencalonan sifatnya terbuka, usia minimal 25 tahun dan maksimal 3 periode.

“Perangkat desa harus independen,
harus ada rekomendasi dari camat, sesuai Perda Bupati. Antisipasi pengamanan sudah melibatkan TNI-Polri,” tukasnya.(Hendra/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan