Kemenag Kabupaten Tangerang Dukung Program Sertifikasi Siap Nikah

Ramzy
19 Nov 2019 11:41
2 menit membaca

Ilustrasi.

TANGERANG (SBN) — Kementerian Agama Kabupaten Tangerang mendukung wacana program pemerintah pusat tentang sertifikasi siap nikah. Pasalnya program tersebut bagus jika diaplikasikan di  Indonesia.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Hariri mengatakan, pelaksanaan bimbingan pra nikah sudah lama dilaksanakan. Namun, kata dia, hanya sebatas himbauan artinya belum menjadi persyaratan utama.

“itu dilaksanakan hanya dua hari, diakhir pun diberikan piagam bukan sertifikat,” ujarnya, Selasa, 19 November 2019.

Ia menambahkan, pihaknya menghendaki seharusnya setiap calon pengantin mendapatkan pembekalan, persiapan untuk menyongsong kehidupan dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. Kemudian diakhir pembekalan diberikan sertifikat sebagai bukti siap melakukan pernikahan.

“Saya kira dari negara lain hal seperti itu sudah berlaku, Sebelum menikah catin mendapat pelatihan selama dua minggu,” ujarnya.

Di Brunei Darusalam, kata dia, sudah melakukan hal serupa. Namun untuk di Indonesia emang mengalami keterlambatan. Pihaknya mendukung program tersebut, agar menjadi program prioritas dalam mengatasi masalah kehidupan rumah tangga.

“Program itu baru sebatas kabar di media saja, tentunya kita perlu kebijakan hukum. Sehingga masalah yang mencakup pendanaan dan teknis pelaksanaan dapat kita ketahui,” tandasnya.

Ia mengatakan, program sertifikasi ini memiliki dampak positif dalam memberikan pembekalan baik ilmu pengetahuan ekonomi, kewajiban suami istri, ilmu kesehatan reproduksi dan kemampuan merawat anak.

“Selama ini baru sebatas pengetahuan umum saja. Untuk pengetahuan lainnya, mereka belum mengetahui secara pasti,” jelasnya.

Untuk dampak negatifnya, menurutnya, pembinaan ini paling tidak akan memperpanjang masa birokrasi dan prosedur jelang pernikahan. Namun, lanjut dia, demi kebaikan kehidupan rumah tangga di masa yang akan datang tentunya program tersebus sangat bermanfaat.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan