Plasma Konvalesen di PMI Kabupaten Tangerang Langsung Habis

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Kabupaten Tangerang Terbaru, Berita Kabupaten Tangerang Hari ini, Berita Covid-19: Plasma Konvalesen di PMI Kabupaten Tangerang Langsung Habis
Ilustrasi plasma konvalesen (Foto: vox.com)

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kepala Unit Donor Darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Dokter Zaenal Muttaqien mengatakan ada 7 orang yang telah memberikan plasma konvalesen di Markas PMI Kabupaten Tangerang. Sumbangan darah 7 orang tersebut menghasilkan 21 kantong plasma konvalesen yang langsung habis hari itu juga untuk penyembuhan penderita covid-19.

“Sebanyak 21 kantong sempat terkumpul di PMI Kabupaten Tangerang, tapi sekarang stoknya sudah abis,” kata Zaenal kepada SuaraBantenNews, Selasa 19 Januari 2021.

Berita Banten, Berita Kabupaten Tangerang Terbaru, Berita Kabupaten Tangerang Hari ini, Berita Covid-19: Plasma Konvalesen di PMI Kabupaten Tangerang Langsung Habis
Sekretaris Komisi II, DPRD Kabupaten Tangerang, Deden Umardani (Foto: Restu Bambang/SuaraBantenNews)

Dari 21 kantong plasma konvalesen itu 19 kantong digunakan untuk penyembuhan pasien covid-19 di RSUD Kabupaten Tangerang dan 2 kantong untuk pasien covid-19 di RSU Kota Tangerang Selatan.

Zaenal menambahkan, terapi plasma konvalesen sangat dibutuhkan oleh penderita covid-19, khususnya mereka yang termasuk dalam kategori berat.

Dalam menyikapi hal tersebut, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang Deden Umardani berharap hati para penyintas covid-19 tergerak untuk mendonasikan plasma konvalesen.

Agar banyak yang bersedia menjadi donor, kata Deden, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyosialisasikan pentingnya donasi plasma konvalesen.

“Kita juga akan meminta kepada penyintas covid-19 yang kita kenal untuk bisa berdonor,” tandasnya.

Menurutnya, kendala minimnya donor plasma konvalesen ini ditenggarai dengan kurangnya kesadaran penyintas covid-19 dan masih banyaknya masyarakat yang takut ditusuk jarum. Ia menambahkan, tidak ada dampak atau pun efek negatif apabila seorang penyintas covid-19 mendonasikan plasma konvalesennya. Sebaliknya, efeknya justru sangat baik dalam membantu kesembuhan pasien covid-19.

“Satu orang donor bisa menyelamatkan 3-6 pasien covid-19,” tutupnya. (Restu/Atm)

Wartawan

Related posts