banner 468x60 banner 468x60

Delegasi UCLG Asia Pasific Kagumi Pengembangan Ketapang Urban Aquaculture

Ramzy
26 Jul 2023 15:38
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Puluhan delegasi dari United Cities and Local Goverments Asia Pasific (UCLG ASPAC) mengagumi pengembangan wilayah pesisir di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Selasa 25 Juli 2023. Para peserta dari empat negara termasuk Indonesia, berkunjung ke Ketapang Urban Aquaculture.

Sekertaris Jenderal UCLG Asia Pasific, Bernadia Irawati Tjandradewi, mengaku kagum setelah melihat kawasan yang sebelumnya kumuh menjadi permukiman warga yang layak ditempati. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi destinasi wisata mancanegara.

“Hal pertama yang ingin saya sampaikan adalah Kabupaten Tangerang memang luar biasa. Luar biasa karena menunjukkan hasil dan menunjukkan achievement yang bisa kita lihat bersama-sama. Saya sempat berdiskusi dengan semua peserta, dan mereka sangat impresif dengan apa yang sudah ada dan dilakukan di Kabupaten Tangerang ini,” ujarnya.

Kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture dilaksanakan untuk meninjau lokasi sanitasi yang telah dipaparkan pada workshop di acara South East Citywide Inclusive Sanitation Workshop yang diselenggarakan oleh UCLG ASPAC. Para peserta diterima dan didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ujang Sudiartono bersama dinas terkait dan unsur Forkopimcam Kecamatan Mauk.

Para delegasi UCLG Asia Pasific melihat keberhasilan Kabupaten Tangerang dalam membangun kawasan pesisir pantai dimulai dengan rumah-rumah serta tempat sanitasi yang ada di Ketapang Urban Aquaculture. Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, UCLG Asia Pasific akan terus mendukung dan mensosialisasikan kegiatan hari ini kepada anggotanya agar menjadi acuan untuk daerahnya masing-masing terkait sanitasi.

“Kami dari UCLG ASPAC akan selalu mempromosikan praktek baik yang ada disini semoga bukan hanya Kabupaten Tangerang yang bisa melakukannya tetapi daerah lain dan seluruh Asia Pasific bisa membangun daerahnya masing-masing terkait sanitasi dan kebersihan lingkungannya,” jelasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ujang Sudiartono menyampaikan terima kasih kepada para anggota UCLG Asia Pasific yang telah hadir dan berbagi pengalaman yang bisa diambil oleh Kabupaten Tangerang.

“Terima kasih atas kedatangannya UCLG ASPAC terutama perwakilan dari Nepal, Bangladesh dan vietnam yang sudah menyampaikan beberapa pembelajaran untuk meningkatkan kualitas sanitasi serta pengelolaannya di Kabupaten Tangerang dan saya juga berterimakasih kepada Sekjen UCLG ASPAC yang telah mempercayai Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah, semoga kedepannya anggota UCLG ASPAC bisa lebih banyak lagi bukan hanya di Asia Pasific tetapi bisa secara global,” ucapnya.

Sebagai informasi kegiatan ini dihadiri oleh 17 orang delegasi dari Asia Pasific dan beberapa delegasi dari Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Selain Ketapang Urban Aquaculture para delegasi juga menghadiri sekolah untuk meninjau Sanitasi Sekolah (Sanisek) yang ada di Kabupaten Tangerang.(*)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan