PWI Kabupaten Tangerang Bekali Pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang Dasar-dasar Jurnalistik

Ramzy
28 Feb 2024 19:03
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG; Suarabantennews.com — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang terus gencar melakukan literasi media kepada masyarakat, salah satunya kepada pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Rabu, 28 Februari 2024.

Sebanyak 90 siswa pun antusias mengikuti acara yang berlangsung di aula SMKN 5 Kabupaten Tangerang tersebut.

Bertajuk Akademi Komunikasi PWI Kabupaten Tangerang Goes To School, Literasi Media untuk Pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang, bertujuan untuk membekali para pelajar pengetahuan dasar jurnalistik serta media sosial yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan di kalangan pelajar.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para peserta memahami dasar-dasar jurnalistik dan media sosial, sehingga mereka menjadi generasi yang melek informasi dan bijak dalam menggunakan media sosial,” ungkap Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo.

Mulyo mengatakan, program Akademi Komunikasi PWI Kabupaten Tangerang didesain sebagai wahana untuk melakukan transformasi nilai, pengetahuan dan keterampilan bagi jurnalis juga masyarakat umum. Melalui program tersebut, PWI Kabupaten Tangerang bertekad terus meningkatkan kompetensi anggotanya, serta sekaligus mengedukasi masyarakat seputar jurnalistik.

“Kami berharap, dengan adanya program ini, kompetensi anggota kami terus meningkat, sementara masyarakat juga kian melek media,” imbuhnya.

Selain itu, program ini juga sebagai upaya melakukan kaderisasi, sehingga pelajar maupun mahasiswa yang bercita-cita ingin menjadi wartawan, sejak dini telah mendapatkan pengetahuan seputar jurnalistik.

Kepala Sekolah SMKN 5 Kabupaten Tangerang Surta Wijaya menyambut baik program tersebut. Menurutnya, kolaborasi antara PWI Kabupaten Tangerang dengan sekolah yang dinakhodainya merupakan terobosan yang baik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswinya di bidang jurnalistik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PWI Kabupaten Tangerang yang telah menjadi bagian dari keluarga besar kami dalam mendidik anak-anak kami, terutama dibidang jurnalistik,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini juga, lanjutnya, Surta berharap para siswa-siswinya terpacu untuk semakin giat belajar, karena banyak mendapatkan wawasan dan menimba pengalaman dari para wartawan senior di PWI Kabupaten Tangerang.

“Tentunya kami akan terus bersinergi dan bergandengan tangan dengan PWI Kabupaten Tangerang untuk menyelenggarakan kegiatan serupa di SMKN 5 Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, para peserta mendapatkan pengetahuan jurnalistik dari dua wartawan senior di Kabupaten Tangerang, yaitu Sahatma Refindo dan Elentio MS.

Sahatma Refindo yang pernah dua periode menjadi Ketua PWI Kabupaten Tangerang menyampaikan materi dasar-dasar jurnalistik, sementara Elentio yang juga seorang pendidik menyampaikan materi media sosial. (*)