Inflasi Banten Tertinggi ke-6 Se-Indonesia, Kota Serang Tertinggi di Banten

Joe
3 Feb 2020 17:05
1 menit membaca

SERANG (SBN) — Badan Pusat Statistik (BPS) Banten mencatat inflasi Banten tertinggi ke-6 secara nasional Kota Serang yang tertinggi di antara 8 kabupaten/kota di Banten.

“Secara nasional, inflasi Banten posisi ke-6, kota Serang ke-3, Kota Cilegon ke-9, Kota Tanggerang ke-11 dari 22 kota inflasi,” ucap Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wiriana usai rilis di Aula BPS Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (3 Februari 2020).

Secara umum, sambungnya, Inflasi di Banten saat ini 0,42%. Peranan Kota Tangerang relatif tinggi walaupun inflasinya kecil 0,39%, tetapi Kota Serang relatif tinggi inflasinya 0,64%.

“Inflasi tinggi di bulan Januari karena saat ini musim hujan. Biasanya, tumbuhan seperti cabai belum masa panen sehingga mengakibatkan harga beberapa komoditas makanan meningkat,” ucapnya.

Untuk memperbaiki inflasi, sambungnya, harus disediakan bahan makanan yang cukup, seperti cabai rawit atau cabai merah, agar harganya terkendali. Berarti harus didatangkan dari provinsi lain agar harganya relatif stabil.

“Bisa juga diimbau agar masyarakat menggunakan hidroponik atau pakai goody bag (kantong barang) untuk ditanam cabai agar harga di pasaran tidak banyak terjadi perubahan,” ujarnya. (Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan