Gelar ToT, Arief Minta Camat dan Lurah Jadi Penggerak Kampung Tematik

Joe
4 Mar 2020 19:00
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menghadiri kegiatan Training of Trainers (ToT) Pelaksanaan Kampung Tematik melalui Bedah Kampung yang diinisiasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang. Kegiatan itu berlangsung di Kampung Teras Pancasila, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Rabu (4 Maret 2020).

ToT ini dilaksanakan pada 2–4 Maret 2020 diisi 2 narasumber, yaitu Ibnu Jandi (inisiator Kampung Tematik) dan Asep Fery Bastian (akademisi dari Unis) dengan peserta 104 camat dan lurah se-Kota Tangerang.

Dalam sambutannya, Arief mengatakan terwujudnya masyarakat yang sejahtera, berdaya saing, dan berakhlaqul karimah berawal dari lingkungan tempat tinggal yang layak huni, nyaman, dan aman.

“Dengan adanya kampung tematik kita bisa menerapkan PHBS. selain itu kita bisa bikin biopori dan tempat tinggal kita jadi bersih,” ungkapnya.

Arief menjelaskan, didukung 1.004 RW se-Kota Tangerang, para camat dan lurah hendaknya mampu menjadi agen penggerak bagi masyarakat di wilayahnya agar program kampung tematik dapat berjalan selaras di Kota Tangerang.

“Ajak masyarakat untuk bergotong royong dan turut serta meningkatkan kesejahteraan lingkungannya,” ucapnya.

Untuk itu, Arief meminta apa yang sudah diarahkan dan disampaikan oleh para narasumber dapat dijadikan petunjuk bagi Camat dan Lurah untuk membenahi kampungnya.

“Lakukan dan kerjakan ilmu yang sudah diberikan. Jangan hanya menjadi angin berlalu. Contoh kampung yang telah terealisasi agar dapat diterapkan,” tegas Arief.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja menerangkan bahwa setelah kegiatan ToT diharapkan para lurah dan camat mampu mencari tokoh pemuda yang mampu bersinergi dengan Pemerintah Kota Tangerang.

“Motivasi para pemuda agar memiliki inovasi dan paham dengan teknologi sehingga informasi tersampaikan melalui media sosial,” ujarnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan