9 Pasien ODP Kota Tangerang Diambil Sampel Air Liur dan Cairan Hidung untuk Tes Swab

Joe
3 Apr 2020 16:38
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengambil sampel tes Swab 9 Orang Dalam Pantauan (ODP) virus korona di Kota Tangerang. Pengambilan sampel tersebut berlangsung di UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang, Kamis (2 April 2020).

Pengambilan sampel tersebut dilakukan secara tertutup oleh 5 petugas kesehatan dengan alat pelindung diri (APD) lengkap dan dilakukan dengan dua cara, yakni melalui mobil (drive-thru) dan di dalam laboratorium.

Petugas UPT Labkesda Kota Tangerang, Dani, mengatakan ada 9 ODP yang diambil sampelnya, yaitu sampel air liur dan cairan hidung. Sampel tersebut akan dikirim ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) untuk dilakukan tes Swab melalui polymerase chain reaction (PCR).

Dani mengungkapkan dari 9 orang yang diambil sampelnya itu merupakan pasien yang berstatus ODP korona.

“Dari petugas medis yang menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP), masyarakat yang mengeluhkan gejala korona, serta keluarga dari pasien yang positif,” ungkap Dani.

Dani menjelaskan, setelah diambil sampelnya, para ODP tersebut dihimbau untuk melakukan karatina mandiri di rumahnya sampai hasil tes keluar, sekitar satu minggu.

Ia menegaskan, pengambilan sampel ini dilakukan secara berkala. Namun dirinya mengaku tidak mengetahui untuk waktu pelaksanaan yang akan digelar selanjutnya.

“Ini merupakan kali kedua Dinkes mengambil sampel ODP untuk dites Swab di UPT Labkesda Kota Tangerang,” ucap Dani.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Virus Korona Kota Tangerang yang juga sebagai Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi, sampai saat ini belum memberikan keterangan resmi terkait pelaksanaan pengambilan sampel pasien ODP tersebut.

Sementara, Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Tangerang Buceu Gartina saat dihubungi Suarabantennews membenarkan pengambilan sampel untuk tes Swab ODP di UPT Labkesda Kota Tangerang tersebut. Namun, ia mengaku tidak mengetahui terkait jumlah ODP yang di ambil sampelnya pada pengambilan tersebut.

Dalam data di situs resmi peta sebaran korona di Kota Tangerang, yakni https://covid19.tangerangkota.go.id/ terdapat 587 ODP, 124 PDP, 33 Positif, 2 sembuh, dan 7 meninggal di Kota Tangerang. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan