Dua Pasar Tradisional Cilegon Gelar Rapid Test Gratis untuk Warga dan Pedagang

Joe
23 Apr 2020 17:22
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Dua pasar tradisional di Kota Cilegon melaksanakan tes cepat (rapid test) gratis untuk pengunjung dan pedagang, Kamis (23 April 2020). Pemeriksaan tes cepat gratis sebanyak 700 alat ini dilakukan atas kerja sama Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon.

“Responnya luar biasa dari masyarakat Kegiatan ini dilakukan di dua pasar, yaitu Pasar Kranggot dan Pasar Blok F, yang diperuntukan bagi pedagang dan pengunjung pasar,” ujar Sekretaris Disperindag Kota Cilegon Bayu Panatagama di sela kegiatan.

Bayu menyatakan, sebanyak 700 rapid tes telah disiapkan untuk dua pasar, 350 untuk Pasar Blok F dan 350 untuk Pasar Kranggot, sebagai upaya memonitor masyarakat sekaligus sebagai langkah pencegahan.

Rapid test cukup bagus guna mendeteksi Covid-19 secara dini,” ungkapnya.

Hasil pemeriksaan ini, kata Bayu, akan diketahui setelah selesai pemeriksanaan dan tentunya akan lebih memudahkan pemerintah kota Cilegon dalam melakukan pengawasan terhadap masyarakat. Bila orang yang menjalani tes cepat itu reaktif, maka petugas akan menghubungi melalui SMS. Namun, jika tidak reaktif, maka tidak akan dihubungi petugas kesehatan.

“Kalau tidak ditelepon atau SMS berarti negatif. Sebaliknya, kalau ada SMS atau telepon berarti reaktif dan harus ada tindakan lebih lanjut. Tindakan itu bisa isolasi mandiri atau  saran untuk meningkatkan imunitas. Tapi, kalau ada tindakan lebih lanjut, nanti akan ada bantuan dari tim medis,” tutup Bayu. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan