Pemkot Tangerang Siapkan 2 Puskesmas untuk Rumah Singgah Isolasi Pasien Covid-19

Joe
5 Mei 2020 15:20
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan saat ini telah menyiapkan 2 puskesmas untuk rumah singgah isolasi bagi pasien korona (Covid-19) di Kota Tangerang. Dua Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Panunggangan Barat (Kecamatan Cibodas) dan Puskesmas Gebang Raya (Kecamatan Periuk), Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menjelaskan, dipilihnya kedua puskesmas tersebut karena memiliki jangkauan wilayah yang kecil, yaitu hanya melayani satu kelurahan.

“Fasilitas yang dimiliki juga sudah cukup memadai untuk melayani pasien Covid-19,” kata Liza dalam siaran persnya, Selasa (5/5/20).

Liza menjelaskan puskesmas tersebut disediakan untuk pasien yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tanpa penyakit penyerta.

Kepala Puskesmas Panunggangan Barat Abu Khurairoh menerangkan, walau puskesmas tersebut dijadikan rumah singgah isolasi, tetapi tetap akan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan dan jarak tempat pelayanan yang jauh dari ruang isolasi.

“Selama puskesmas menjadi rumah singgah isolasi, kami tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat dengan membuka dua poli, yaitu poli umum dan poli batuk, pilek, serta demam,” kata Abu.

Abu menjabarkan, Puskesmas Panunggangan Barat mempunyai 36 tempat tidur yang dibagi menjadi sembilan ruang isolasi dengan masing-masing ruang isolasi mempunyai kapasitas 2–10 tempat tidur. Saat ini sudah terisi 6 pasien.

“Kami juga klusterkan pasien berdasarkan jenis kelamin dan statusnya agar tetap nyaman,” ucap Abu.

Untuk mempercepat penanganan Covid-19, selain puskemas, Pemerintah Kota Tangerang juga tengah menyiapkan rumah singgah untuk isolasi mandiri bagi penderita korona (Covid-19) di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, yaitu yang berada di samping Kantor Dinas Sosial Kota Tangerang. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan