Pelayanan Imunisasi di Puskesmas Karawaci Baru Kembali Dibuka Walaupun Pandemi Covid-19

Joe
14 Mei 2020 19:27
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Sempat dihentikan gara-gara wabah Covid-19, pelayanan imunisasi di Puskesmas Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, saat ini kembali dibuka karena keprihatinan terhadap kesehatan anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi selama wabah Covid-19.

“Covid-19 ini sudah 3 bulan, kasihan juga kan anak-anak tidak diimunisasi? Akhirnya, sepakat kita lakukan imunisasi,” ujar Dokter Umum Puskesmas Karawaci Baru Fauzanah, Kamis  (14 Mei 2020).

Meskipun demikian, kata Fauzanah, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan untuk  menghindari kerumunan pada pelaksanaan pelayanan imunisasi tersebut.

“Kita lakukan di luar jam pelayanan umum. Itu diterapkan penjadwalan berdasarkan kelurahan mereka tinggal,” katanya.

Jadi, lanjut Fauzanah, mekanismenya saat ini dalam satu hari hanya dilaksanakan untuk satu kelurahan.

“Kalau dahulukan sekaligus enam kelurahan, kalau sekarang tidak, sudah ada jadwalnya,” terang Fauzanah.

Selain itu, tambah Fauzanah, pada pelaksanaan imunisasi ini juga diterapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk puskesmas. Lalu, orang tua juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan para dokter maupun bidan juga diwajibkan mengenakan  Alat Pelindung Diri (APD).

“Pokoknya, harus pakai masker. Kalau tidak, ya tidak boleh. Karena yang datang ke Puskesmas itu orang sakit macem-macem,” jelasnya.

Di samping itu, Bidan Yuni sebagai bidan yang memegang pelaksanaan imunisasi tersebut menjelaskan, di Puskesmas Karawaci Baru ada enam kelurahan yang menjadi tanggung jawabnya, yaitu Kelurahan Karawaci Baru, Nusa Jaya, Karawaci, Cimone Jaya, Cimone, dan Bojong Jaya.

“Kemarin pada Rabu (13 Mei 2020) sudah dilaksanakan khusus untuk warga Kelurahan Karawaci Baru dan ada 5 kelurahan lagi yang belum dilaksanakan. Itu ada jadwal tertentunya dan akan kita laksanakan dalam waktu seminggu dua kali,” tutupnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan