Warga Panggung Rawi Ikuti Pembekalan Hadapi Banjir dan Kebakaran

Ramzy
21 Okt 2020 19:05
1 menit membaca

CILEGON (SBN) — Puluhan warga Kelurahan Panggug Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon mengikuti pelatihan kebencanaan. Pelatihan ini untuk mendidik masyarakat agar tidak panik saat terjadi bencana dan mampu menghadapi bahaya kebakaran dan banjir.

Mulyadi, Lurah Panggung Rawi, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas dan kapabilitas penanggulangan bahaya kebakaran itu merupakan langkah penyelamatan sekaligus agar masyarakat dapat  meminimalisir terjadinya korban jiwa saat musibah kebakaran.

“Kegiatan ini kita melibatkan petugas damkar untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman serta mempraktikan tata cara melakukan pemadaman kepada peserta dari seluruh pengurus RT dan RW serta petugas Linmas,” katanya, Rabu (21 Oktober 2020).

Lebih lanjut, Mulyadi mengatakan bahwa dalam kegiatan peningkatan kemampuan masyarakat menghadapi bencana itu pihak kelurahan juga memberikan bantuan berupa 8 alat pemadam api ringan (apar), 5 pelantang suara (toa), dan 4 water boiler.

“Selain itu, karena di sini juga setiap musim hujan terjadi banjir,  kita berikan 2 perahu karet dan 34 pelampung untuk membantu masyarakat saat banjir,” jelasnya.

Ketua RT setempat, Amirudin, mengapresiasi pihak kelurahan yang telah memberikan penyuluhan serta pemahaman penanggulangan musibah kebakaran dan banjir itu.

“Selain menambah ilmu dari pembekalan penanggulangan bahaya kebakaran, bantuan peralatan ini juga dapat bermanfaat bagi warga. Kita akan jaga dan rawat dengan sebaik-baiknya karena ini merupakan aset warga,” ucapnya. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan